Fakta Baru Hiu Monster, Panjangnya 19 Meter

Fakta Baru Hiu Monster, Panjangnya 19 Meter

ADVERTISEMENT

Fakta Baru Hiu Monster, Panjangnya 19 Meter

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 05 Sep 2020 07:00 WIB
megalodon
Ilmuwan Ungkap Ukuran Hiu Megalodon yang Sebenarnya Foto: Oliver E. Demuth
Jakarta -

Jutaan tahun yang lalu hiu megalodon merupakan penguasa utama lautan. Tapi ukuran monster raksasa ini baru pertama kali diungkap oleh ilmuwan.

Sebelumnya, hanya panjang tubuh megalodon saja yang telah diketahui lewat perkiraan. Tapi tim dari University of Bristol dan Swansea University berhasil menemukan ukuran seluruh tubuhnya, termasuk siripnya yang seukuran manusia dewasa.

Menggunakan hitungan matematika dan perbandingan dengan relatifnya yang masih hidup, ilmuwan meneliti ukuran megalodon yang sebenarnya dengan mempelajari fosil giginya yang sangat langka. Studi ini diterbitkan di jurnal Scientific Reports.

Dikutip detikINET dari CNN, Jumat (4/9/2020) tubuh hiu raksasa ini bisa memanjang hingga 19 meter dengan bobot mencapai 48 ton. Ukuran ini jauh lebih besar dari semua hiu yang pernah hidup dan dua kali lebih besar dari hiu putih besar.

Dengan tubuh sebesar itu, megalodon memiliki ekor sepanjang 3,85 meter dan sirip di punggungnya bisa berdiri setinggi 1,62 meter. Ini artinya manusia dewasa bisa berdiri di punggung hiu purba ini dan tingginya kurang lebih sama seperti sirip yang ada di punggung.

Bukan cuma ukurannya saja yang membuat megalodon menjadi monster mengerikan di lautan. Hiu purba ini memiliki gigi sebesar tangan manusia dan memiliki kekuatan gigitan lebih dari 10 ton. Kekuatan gigitan hiu putih yang 'hanya' dua ton membuatnya terlihat tidak begitu mengerikan.

Peneliti berhasil memperkirakan ukuran megalodon dengan membandingkan giginya dengan lima spesies hiu modern, seperti hiu putih besar yang merupakan relatif terdekatnya. Mereka menemukan bahwa megalodon tumbuh dewasa sesuai proporsi, tidak seperti manusia yang lahir dengan anggota tubuh yang pendek dan kepala yang lebih besar.

Artinya, peneliti bisa memperkirakan kurva pertumbuhan megalodon berdasarkan kurva spesies hiu modern.

Jack Cooper, pemimpin studi ini dan ahli paleobiologi dari University of Bristol, mengatakan megalodon hidup sekitar 23 hingga tiga juta tahun yang lalu. Semasa hidup, hiu raksasa ini memakan paus berukuran kecil dan mamalia laut lainnya seperti singa laut dan anjing laut.

"Ada beberapa fosil yang ditemukan dengan bekas gigitan bergerigi besara yang mengindikasikan megalodon sebagai penyerangnya," kata Cooper kepada CNN.



Simak Video "Cerita 'Hantu Gelap' Gigi Hiu di Sukabumi yang Kini Banyak Diburu"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT