Nelayan Kaget Tangkap Ikan Monster Misterius

Nelayan Kaget Tangkap Ikan Monster Misterius

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 03 Sep 2020 19:36 WIB
Ikan Chimaera
Ikan 'monster' Chimaera. Foto: CBC
Kanada -

Seorang nelayan kaget saat menangkap ikan yang tidak ia kenal, dengan bentuk yang aneh, bahkan ada yang menyebut mirip ikan monster. Bahkan rekan-rekannya pun tak tahu jenis ikan tersebut.

Sang nelayan bernama Garry Goodyear sedang mencari ikan di Bonavista Bay, Kanada. Jaringnya menuju kedalaman lebih dari 800 meter dan salah satu tangkapannya adalah ikan dengan moncong sangat panjang.

"Oh Tuhan, ikan apakah ini? Aku belum pernah melihat ikan seperti itu sebelumnya. Ia seperti punya sayap dan hidungnya terasa seperti karet," kata Garry yang dikutip detikINET dari CBC.

Tak ada nelayan lain yang ikut melaut tahu ikan apa itu, demikian juga mereka yang ada di darat. "Aku membawanya ke pelabuhan dan tak seorang pun di sana tahu atau pernah melihatnya," kata dia.

Garry menjepret beberapa fotonya dan kemudian upload ke Facebook. Harapannya, ada yang bisa mengenali jenis ikan itu. Kemudian diketahuilah bahwa ikan itu berjenis chimarea hidung panjang dan ternyata beracun.

Ikan ChimaeraIkan 'monster' Chimaera. Foto: CBC

"Kami tidak tahu ia beracun. Ia seperti ikan-ikan lain bagi kami sehingga kami memegangnya dengan tangan telanjang. Aku tak ingin melihat ikan seperti ini lagi," lanjut Garry.

Carolyn Miri, ilmuwan biologi di Department of Fisheries and Oceans in Newfoundland and Labrador, mengatakan bahwa chimaera merupakan sepupu dari ikan hiu dan ikan pari.

"Ini adalah ikan tulang rawan, jadi badannya dari tulang itu, seperti yang ada di hidung kita," paparnya.

Spesies tersebut dikategorikan ikan laut dalam, bisa hidup sampai 3.000 meter di bawah laut. "Karena habitatnya sangat dalam, kami belum tahu banyak soal biologinya, sejarah ataupun tingkah lakunya," tambah Carolyn.

Chimaera sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti monster mistis. Dinamakan seperti itu karena ikan ini terlihat seperti persilangan antara burung dan dinosaurus. "Hidungnya panjang, matanya yang hijau menyala, memberi kalian kesan dia seperti monster," papar Carolyn.



Simak Video "Giliran Kutu Air Jadi Incaran Peternak Ikan Hias"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)