Bumi Terancam Asteroid Jelang Pemilu Amerika, Ini Faktanya

Bumi Terancam Asteroid Jelang Pemilu Amerika, Ini Faktanya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 19:40 WIB
Asteroid
Ilustrasi asteroid. Foto: Brainberries
Jakarta -

Sebuah asteroid mempunyai peluang cukup besar sampai ke Bumi pada awal November mendatang, beberapa saat sebelum pemilihan presiden Amerika Serikat. Beberapa media di sana pun cukup ramai mengabarkannya.

'Just in Time for the Election: An Asteroid?' demikian judul berita media ternama New York Times mengenai asteroid bernama 2018VP1. Lembaga antariksa NASA telah mengkonfirmasi keberadaannya dan saat ini berada dalam jalur menuju Bumi.

Asteroid itu diperkirakan berada pada jarak paling dekat dengan planet ini pada tanggal 2 November. Nah pada tanggal 3 November, Pilpres AS dilangsungkan dengan kontestan petahana Donald Trump melawan kandidat Partai Demokrat, Joe Biden.

Peluang asteroid itu memasuki planet Bumi cukup besar, 1 banding 240. Dengan demikian, apakah Bumi mendapatkan ancaman besar dari batu antariksa ini? Jawabannya tidak terkait ukuran asteroid tersebut.

Asteroid 2018VP1 yang terlacak sejak tahun 2018 ini, hanya sekitar 2 meter diameternya alias mungil, terlampau kecil jika pun akhirnya menjangkau permukaan Bumi. Malah kemungkinan besar, ia akan hancur saat memasuki atmosfer.

"Obyek kecil yang mendekati Bumi tidaklah sesuatu yang langka dan meskipun benda dengan ukuran semacam ini akan menuju Bumi, kemungkinan ia tidak akan bertahan pada saat melintasi atmosfer Bumi," cetus Donald Yeomans, periset senior NASA.

Jadi, tidak ada potensi ancaman merusak dari asteroid ini. Namun demikian, ancaman asteroid pada masa depan tetap tidak boleh diremehkan. Seperti yang terjadi di masa silam, selalu ada potensi tabrakan asteroid berukuran besar.

"Bukan soal jika, masalahnya adalah kapan," sebut Bill Nye, ilmuwan populer Amerika Serikat, beberapa waktu silam.

Mantan presenter acara televisi Science Guy yang sekarang menjadi CEO organisasi Planetary Society itu menyebutkan, dampak mengerikan jatuhnya asteroid seperti yang 66 juta tahun lalu diduga pernah memusnahkan dinosaurus, tidak terbatas terjadi di masa silam.



Simak Video "Catat! Ada 2 Asteroid akan Mendekati Bumi Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)