Anomali Misterius Medan Magnet Bumi Cemaskan NASA - Halaman 2

Anomali Misterius Medan Magnet Bumi Cemaskan NASA

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 19 Agu 2020 06:01 WIB
Medan Magnet Bumi
Ilustrasi medan magnet Bumi. Foto: NASA

"Walau SAA muncul dari proses di dalam Bumi, efeknya menjangkau jauh. Area itu (SAA) bisa berbahaya bagi satelit orbit rendah. Jika sebuah satelit ditabrak proton energi tinggi, bisa terjadi hubungan sirkuit pendek. Fungsi satelit bisa terganggu sementara atau terjadi kerusakan permanen jika komponen kunci terdampak," tambah NASA.

Fenomena SAA juga telah diselidiki oleh ilmuwan dari ESA (European Space Agency). Menurut mereka, dalam dua abad ke belakang medan magnet Bumi telah kehilangan 9% dari kekuatannya. Untuk lebih memahami kejadian ini, ilmuwan ESA memanfaatkan bantuan pengamatan dengan satelit.

"South Atlantic Anomaly telah muncul selama lebih dari satu dekade dan pada tahun-tahun belakangan berkembang dengan cepat," ujar Jurgeb Matzka, ilmuwan di German Research Centre for Geosciences.

"Kita sangat beruntung punya satelit untuk menginvestigasi perkembangan South Atlantic Anomaly. Tantangannya sekarang adalah untuk memahami proses di inti Bumi yang memicu perubahan itu," imbuhnya.

Menurut ESA, salah satu teori yang mungkin menjelaskan fenomena tersebut adalah medan magnet Bumi akan terbalik di mana Kutub Utara dan Kutub Selatannya bertukar tempat.

Kejadian semacam itu muncul terakhir kali pada 780 ribu tahun silam. Biasanya, peristiwa tersebut berlangsung setiap 250 ribu tahun sekali.

(fyk/afr)