NASA Temukan Planet Gas Merah Muda yang Cantik

NASA Temukan Planet Gas Merah Muda yang Cantik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 13 Agu 2020 07:04 WIB
planet pink GJ 504b
NASA Temukan Planet Gas Merah Muda yang Cantik Foto: NASA/Goddard Space Flight Center/S. Wiessinger
Jakarta -

NASA memiliki banyak instrumen pencari planet yang sering menemukan planet-planet unik di semesta. Kali ini mereka menyoroti planet gas GJ 504b yang terlihat sangat cantik karena warna merah mudanya yang mencolok.

Dikutip detikINET dari BGR, Kamis (13/8/2020) GJ 504b sebenarnya pertama kali ditemukan NASA pada tahun 2013 menggunakan data inframerah dari Subaru Telescope di Hawaii, AS. Tapi NASA kembali menyorot kehadiran planet cantik ini lewat blog terbarunya tentang exoplanet.

Dalam blog tersebut, NASA menjelaskan bahwa planet gas raksasa ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama seperti Jupiter tapi dengan massa yang lebih besar. Planet ini mengelilingi bintang GJ 504 yang berjarak 57 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Virgo.

GJ 504b merupakan planet dengan massa terendah yang mengelilingi bintang seperti matahari. NASA mengatakan rahasia dari warna merah mudanya yang cantik adalah karena usianya yang terbilang masih muda.

Planet yang baru terbentuk biasanya memiliki temperatur yang sangat panas dan membutuhkan ratusan juta tahun untuk mulai mendingin. GJ 504b tidak memiliki waktu sebanyak itu sehingga permukaannya saat ini masih hangat dengan temperatur 237 Celcius.

Planet ini diperkirakan terbentuk 160 juta tahun yang lalu, masih cukup muda jika dibandingkan objek antariksa lainnya. Sebagai perbandingan, Bumi terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu.

Karena permukaannya masih hangat, planet ini mengeluarkan hawa panas yang terlihat merah muda, atau yang disebut NASA mirip seperti 'bunga sakura gelap' atau 'magenta kusam'.

Dengan jarak 57 tahun cahaya, GJ 504b sebenarnya tidak begitu jauh dari Bumi. Tapi tentu saja belum ada teknologi yang memungkinkan kita untuk mendatangi planet cantik ini secara langsung.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)