Tawon Pembunuh Bisa Menyebar ke Seluruh Amerika

Tawon Pembunuh Bisa Menyebar ke Seluruh Amerika

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 06 Agu 2020 08:12 WIB
Tawon Pembunuh
Tawon pembunuh. Foto: USDA
Jakarta -

Otoritas Amerika Serikat sedang berusaha memberantas tawon raksasa Asia yang sering dijuluki tawon pembunuh. Akan tetapi, tawon yang pertama kali dilaporkan muncul di sana pada akhir 2019 ini dicemaskan akan menyebar ke seluruh negara dan menjadi spesies permanen.

Tawon bernama ilmiah Vespa mandarinia ini tidak hanya terlihat di Amerika Serikat. Pada September 2019, kabarnya juga muncul di wilayah British Columbia, Kanada. Bagaimana bisa menyeberang dari Asia ke Amerika Utara, masih diliputi misteri.

"Saya duga jika tawon itu tak dihentikan di Washington, mereka akan menyebar ke lebih banyak wilayah di AS, pada dasarnya, tempat manapun yang dekat dari mereka ada dan karena berelasi dekat dengan tawon kertas di sini, mungkin di situ juga mereka berkembang," kata Mark Lame, akademisi di Indiana University's O'Neill School of Public and Environmental Affairs.

"Jika mereka bisa eksis dan tidak menghadapi musuh alami, mungkin mereka jadi permanen. Sangat sedikit spesies invasif sukses diberantas jika sudah eksis. Semua tergantung dari aksi pemerintah yang sukses dan terkoordinasi. Tapi saya pesimistis," tambah dia.

Pendapat senada dikemukaan oleh Allen Gibbs, pakar serangga dari University of Nevada. "Mereka bisa jadi permanen jika tak segera diberantas," ujarnya, seperti dikutip detikINET dari Newsweek, Kamis (6/8/2020).

Akan tetapi menurut pakar lain, David Ragsdale dari Texas A&M University, meski memang ada potensi tawon pembunuh jadi permanen di AS, saat ini masih terlalu dini untuk membahas hal itu. Apalagi Departemen Pertanian sedang berusaha keras menjinakkannya.

Ilmuwan lain berpendapat cenderung tidak mungkin tawon pembunuh merebak di AS. "Cenderung tak mungkin hama ini akan menyebar di AS. Ahli bekerja keras untuk memberantasnya," kata dia.

"Publik saat ini sudah menyadari adanya tawon sangat besar, sehingga sulit bagi tawon pembunuh ini tidak terdeteksi. Karena faktor-faktor itulah, maka tawon pembunuh cenderung tidak akan pergi dari areanya saat ini," papar dia.



Simak Video "Misterius! Tawon Asia Raksasa Ditemukan di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)