Ngeri, Sampah Plastik 1,3 Miliar Ton Bisa 'Teror' Bumi

Ngeri, Sampah Plastik 1,3 Miliar Ton Bisa 'Teror' Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 16:00 WIB
Para petugas kebersihan DKI Jakarta membersihkan sampah sungai di Kali Kwitang, Jakarta, Selasa (3/10/2015). Tumpukan sampah yang didominasi sampah botol minuman dan plastik kemasan menunjukan budaya buang sampah ke sungai belum hilang. Ari Saputra/detikcom.
Sampah plastik. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Diestimasi 1,3 miliar ton sampah plastik akan bikin polusi Bumi, baik di daratan maupun lautan, pada tahun 2040. Seandainya tidak ada aksi drastis yang dilakukan, dicemaskan perkiraan itu bakal jadi kenyataan.

Dr Costas Velis dan timnya dari University of Leeds, Inggris, melakukan riset dengan hasil tersebut berdasarkan pemodelan global selama waktu 20 tahun. Angka itu memang terlihat mengerikan, namun sebenarnya manusia punya peluang dan teknologi untuk mencegahnya.

"Ini adalah asessment pertama yang komprehensif tentang gambaran apa yang bisa terjadi dalam waktu 20 tahun. Sulit untuk membayangkan jumlah sebesar itu, tapi jika Anda bisa mengimajinasikan meletakkan semua plastik di permukaan datar, maka bisa menyelimuti seluruh daratan Inggris Raya 1,5 kali," kata dia yang dikutip detikINET dari BBC.

Dalam riset ini, peneliti melacak produksi, penggunaan dan daur ulang plastik di seluruh dunia. Mereka kemudian menciptakan pemodelan untuk proyeksi sampah plastik di masa depan, dengan skenario kondisi tetap sama di mana tren produksi plastik kian meningkat dan tidak ada perubahan signifikan dalam jumlah daur ulangnya.

Mereka juga meneliti langkah apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan angka tersebut. "Jika kita melakukannya, maka kita bisa menurunkan jumlah plastik yang dibuang ke lautan pada tahun 2040 sampai 80%," ujar Winnie Lau dari Pew Charitble Truts yang mendanai riset ini.

Adapun langkah yang bisa dilakukan antara lain menurunkan pertumbuhan konsumsi dan produksi plastik, mengganti plastik dengan kertas atau material ramah lingkungan, mendesain kemasan yang mudah didaur ulang sampai menurunkan ekspor sampah plastik.

Namun demikian memang meskipun tindakan semacam itu dilakukan, pemodelan dalam riset ini tetap menyimpulkan dalam dua dekade mendatang, tetap akan ada 710 miliar ton lagi sampah plastik yang dibuang. Solusi sampah plastik jelas tak semudah membalik telapak tangan.



Simak Video "Perusahaan di India Bikin Alat Makan hingga Tas dari Daun Palem"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)