Asal-usul Ophiucus, Rasi Bintang yang Heboh Disebut Bikin Ganti Zodiak

Asal-usul Ophiucus, Rasi Bintang yang Heboh Disebut Bikin Ganti Zodiak

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 19 Jul 2020 08:31 WIB
zodiak
Foto: NASA
Jakarta -

Kemunculan rasi bintang baru bernama Ophiuchus beberapa tahun lalu membuat kehebohan karena disebut-sebut mengubah tatanan 12 zodiak yang selama ini diyakini orang. Sampai sekarang, keberadaannya masih tidak dianggap.

Dunia astrologi masih menganggap rasi bintang hanya 12. Bahkan para penggemar zodiak banyak yang tidak terima disebut zodiaknya jadi berubah jika mengikuti urutan zodiak berdasarkan perhitungan 13 rasi bintang.

Zodiak Ophiuchus sebenarnya bukan penemuan baru dan tidak tiba-tiba muncul begitu saja. Jika melihat sejarahnya, Ophiuchus sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tepatnya sejak zaman Babilonia kuno.


Entah kenapa, bangsa Babilonia menghapus zodiak ke-13 dari rasi perbintangannya. Hal ini menyebabkan Ophiuchus tenggelam dan kita hanya tahu rasi bintang berjumlah 12.Bangsa Babilonia kuno kala itu membagi zodiak menjadi 12. Setiap zodiak diwakili rasi bintang yang akan dilewati Matahari di titik yang berbeda ketika Bumi mengelilingi bintang itu.


Menurut NASA, bangsa Babilonia mencurangi perhitungan konstelasi tersebut. Badan antariksa nasional AS itu menyebutkan, garis dari Bumi melalui Matahari menunjuk ke Virgo selama 45 hari, dan menunjuk ke Scorpius hanya selama tujuh hari.

"Mereka membuatnya cocok dengan kalender 12 bulan mereka dan mengabaikan fakta bahwa Matahari sebenarnya bergerak melalui 13 rasi bintang, bukan 12," jelas juru bicara NASA.

zodiak

Mengubah Tatanan Rasi Bintang

Dikutip dari Space, Ophiuchus sejak dulu terletak di antara rasi Scorpio dan Sagittarius. Karena pergeseran lintasan tata surya, kemunculannya seakan tiba-tiba. Hal inilah yang disebut menggeser bulan-bulan perhitungan zodiak.

Berdasarkan perhitungan, Ophiuchus berada di tanggal 30 November hingga 17 Desember. Rasi bintang ini memengaruhi zodiak dan otomatis seluruh tanggal dalam perhitungan 12 rasi bintang pun ikut bergeser.

Ophiuchus juga bukan sistem rasi bintang baru. Dalam astronomi, dikenal 88 rasi bintang yang berada di langit. Ophiuchus adalah salah satu dari 88 rasi bintang sekaligus satu dari 48 rasi yang didaftarkan oleh astronom ternama dunia, Claudius Ptolemaeus.