Ada Rasi Bintang Baru Ophiucus, Zodiak Berubah Semua?

Ada Rasi Bintang Baru Ophiucus, Zodiak Berubah Semua?

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 19 Jul 2020 06:52 WIB
zodiak
Rasi bintang ke-13 bernama Ophiucus. Foto: NASA
Jakarta -

NASA menginformasikan keberadaan rasi bintang Ophiucus. Kehadiran Ophiucus membuat jumlah rasi bintang bertambah dari 12 menjadi 13 dan menimbulkan kebingungan di kalangan para pencinta rasi bintang astrologi. Apakah zodiak jadi berubah?

Ophiucus diambil dari mitologi Yunani yang berarti pemegang ular (Serpent-Bearer). Karenanya, rasi bintang ini digambarkan sebagai seorang laki-laki yang menggenggam ular.

Seperti dikutip dari Irish Post, temuan rasi bintang ini sebenarnya sudah pernah ramai beberapa tahun lalu, yakni sekitar tahun 2006. Namun, kehadiran Ophiucus tidak dianggap dan menjadi kontroversi.

Juru bicara NASA menjelaskan, orang-orang zaman Babilonia kuno berada di balik asal-usul rasi 12 rasi bintang zodiak yang selama ini diyakini banyak orang.

Ophiucus kembali menghebohkan baru-baru ini, karena NASA mengonfirmasi bahwa poros Bumi di kutub utara dan selatan sudah bergeser jauh dari 2.500 tahun lalu, tepatnya ketika bangsa Babilonia membagi langit menjadi 12 bagian. Dengan demikian, posisi rasi bintang bergeser dari posisi yang terlihat 2.500 tahun yang lalu.

zodiak

Bangsa Babilonia kuno kala itu membagi zodiak menjadi 12. Setiap zodiak diwakili oleh rasi bintang yang akan dilewati Matahari di titik yang berbeda ketika Bumi mengelilingi bintang itu. Menurut NASA, bangsa Babilonia mencurangi perhitungan konstelasi tersebut.

"Garis dari Bumi melalui Matahari menunjuk ke Virgo selama 45 hari, dan menunjuk ke Scorpius hanya selama tujuh hari," ujar juru bicara tersebut.

"Mereka membuatnya cocok dengan kalender 12 bulan mereka dan mengabaikan fakta bahwa Matahari sebenarnya bergerak melalui 13 rasi bintang, bukan 12," jelasnya.

Kabar ini tentu membingungkan bahkan membuat marah para pencinta zodiak. Banyak yang tidak terima zodiak mereka disebut bergeser. Tak hanya itu, bahkan sejak penemuan Ophiucus disampaikan NASA ke publik, terdapat kesalahpahaman bahwa badan antariksa nasional AS tersebut ingin mengubah zodiak yang selama ini sudah dikenal luas.

NASA sendiri di 2016 sudah mengklarifikasi bahwa mereka hanya mempelajari konstelasi bintang yang sebenarnya dari ilmu astronomi, alih-alih mengganti zodiak.

"Di NASA kami mempelajari astronomi, bukan astrologi. Kami tidak mengganti zodiak apapun. Kami hanya melakukan perhitungan matematika," kata NASA seperti dikutip dari New York Post.


Jadi tidak perlu khawatir, zodiak kalian tidak berubah meski NASA memberitahukan keberadaan Ophiucus. Tapi siapa tahu kalian penasaran dengan urutan zodiak berdasarkan perhitungan 13 rasi bintang, ini dia daftarnya:

  • Capricorn: 20 Januari - 15 Februari
  • Aquarius: 16 Februari - 11 Maret
  • Pisces: 12 Maret - April 18
  • Aries: 19 April - 13 Mei
  • Taurus: 14 Mei - 12 Juni
  • Gemini: 13 Juni - 20 Juli
  • Cancer: 21 Juli - 10 Agustus
  • Leo: 11 Agustus - 16 September
  • Virgo: 17 September - 30 Oktober
  • Libra: 31 Oktober - 23 November
  • Scorpio: 24 November - 29 November
  • Ophiuchus: 30 November - 17 Desember
  • Sagitarius: 18 Desember - 20 Januari.

Updated: Tulisan ini sudah diperbarui dari judul semula 'Ada Rasi Bintang Baru, Zodiak Kalian Berubah Semua' menjadi 'Ada Rasi Bintang Baru Ophiucus, Zodiak Berubah Semua?' untuk memperjelas informasi bahwa NASA mengubah zodiak adalah hoax.



Simak Video "Pesawat SpaceX sedang Dalam Perjalanan Menuju Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)