Waktu dan Lokasi Terbaik Lihat Komet Neowise di Indonesia

Waktu dan Lokasi Terbaik Lihat Komet Neowise di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 17 Jul 2020 08:44 WIB
Sepanjang bula Juli, Komet Neowise yang melintasi tata surya bagian dalam dapat dilihat dengan mata telanjang dari bumi. Begini penampakannya.
Waktu dan Lokasi Terbaik di Indonesia Amati Komet Neowise. Foto: AP Photo
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memaparkan waktu dan lokasi pengamatan terbaik bila masyarakat ingin menyaksikan Komet Neowise melintas di Indonesia.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto mengatakan, pada dasarnya pengamatan terhadap Neowise masih bisa dilakukan seterusnya. Akan tetapi, ada momen yang pas untuk melihat fenomena alam super langka ini.

"Sampai seterusnya masih bisa. Hanya makin redup, sehingga perlu (alat-red) tele yang lebih besar," ujarnya, Jumat (17/7/2020).

Disebutkan bahwa waktu yang tepat dalam melihat bagaimana Komet Neowise tersebut menghiasi langit di Indonesia pada tanggal 20 Juli sampai 4 Agustus. Adapun, lokasi yang terbaik bisa disaksikan di Jakarta, Bandung, Tanjungsari, Pameungpeuk, Watukosek, Pontianak, Kototabang, Tomohon, Pare-Pare, Tilong, dan Biak.

Untuk mengetahui secara detail waktu dan lokasi-lokasi di atas ketika mengamati Neowise melintas di Indonesia, bisa kunjungi ke situs Lapan ini.

Dari sejumlah waktu yang telah dipaparkan di atas, Lapan menyebutkan ada tanggal yang oke dalam menyaksikan komet dengan nama lain C/2020 F3 ini, yaitu pada 23 Juli 220 pukul 02.41.30 universal time atau 09.41.30 WIB, di mana saat itu Neowise berada di posisi terdekat dengan Bumi.

Sedangkan, pada 3 Juli lalu pada pukul 16.20.06 Universal Time atau 23.20.06 WIB, Neowise ada di titik terdekat dengan Matahari dengan jarak 44,1 juta kilometer. Sedangkan, dengan Bumi berjarak sekitar 172,64 juta kilometer.

Diketahui, Komet Neowise ini adalah komet retorgade yang dipotret oleh teleskop antariksa Near Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE) milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Benda antariksa itu pertama kali terdeteksi pada 27 Maret 2020.

Hal yang istimewa dari komet satu ini melintasi Tata Surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. Itu artinya, kalian hanya bisa menyaksikan benda antariksa tersebut sekali dalam seumur hidup.



Simak Video "Sekali Seumur Hidup! Hari Ini Puncak Komet Neowise Lintasi Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)