Makhluk Ini Mirip Alien E.T! Ditemukan di Dasar Laut Kuno

Makhluk Ini Mirip Alien E.T! Ditemukan di Dasar Laut Kuno

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 15 Jul 2020 07:07 WIB
Tampilan alien dalam film E.T.: The Extra-Terrestrial.
Tampilan alien dalam film 'E.T.: The Extra-Terrestrial'. Foto: Photograph: Allstar/Cinetext/Universal
Jakarta -

Sebuah makhluk berbentuk aneh mirip alien di film E.T. ditemukan di dasar laut kuno Pasifik timur. Makhluk ini telah diklasifikasikan sebagai spesies dan genus baru oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Si 'Alien' ini ditemukan berada sejauh 7.875 kaki di bawah permukaan laut dan kelihatannya tumbuh dari bebatuan dasar laut menurut penjelasan NOAA.

"Tumbuh tinggi di atas tangkai, spons ini memiliki tubuh dengan dua lubang besar yang anehnya mengingatkan pada mata besar alien dari film tercinta,'E.T.: The Extra-Terrestrial'," tulis NOAA dalam rilisnya.

Penampakan spons gelas yang dilaporkan pertama kali sebenarnya terjadi di tahun 2016, dan penghargaan untuk penemuan tersebut ditujukan kepada Cristiana Castello Branco, seorang peneliti yang menganalisis kerangka spesimen dan menyadari bahwa belum dikenal dalam sains.

Dia secara resmi menamakannya Advhena magnifica, tetapi semua orang menyebutnya 'E.T. spons', demikian dikutip dari Columbian.

Tampilan spons gelas yang mirip alien di film 'E.T.: The Extra-Terrestrial'.Tampilan spons gelas yang mirip alien di film 'E.T.: The Extra-Terrestrial'. Foto: NOAA


"Kami biasanya mencoba mengaitkan nama dengan sesuatu yang unik tentang spesies itu, atau kami dapat menghormati seseorang, nama ekspedisi, atau lokalitas," kata Branco dalam rilisnya.

Branco mengatakan bentuk spons ini memang mengingatkan pada alien, seperti di film-film. Ada tampilan seperti leher tipis panjang, kepala memanjang dan mata besar.

Advhena, nama yang ia berikan pada spons gelas itu sendiri berasal dari bahasa Latin advena yang berarti alien. Ia juga tidak keberatan jika temuannya disebut E.T. spons.

Spons gelas adalah hewan yang biasanya menempel pada permukaan keras. Mereka menyukai bakteri kecil dan plankton, menurut penjelasan NOAA.

sepeda


Simak Video "Tanda SOS Terlihat di Pulau Terpencil di Samudera Pasifik "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)