Ilmuwan Sebut 36 Peradaban Alien Eksis di Galaksi Bima Sakti

Ilmuwan Sebut 36 Peradaban Alien Eksis di Galaksi Bima Sakti

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 13:50 WIB
exoplanet
Iustrasi. Foto: NASA
Nottingham -

Eksistensi alien terus bikin penasaran para ilmuwan. Dalam studi terbaru yang dipublikasikan di The Astrophysical Journal, ada kemungkinan puluhan peradaban alien eksis di Galaksi Bima Sakti dan mereka dapat berkomunikasi satu sama lain.

"Seharusnya ada sedikitnya beberapa lusin peradaban aktif di galaksi kita dengan asumsi bahwa dibutuhkan 5 miliar tahun bagi kehidupan cerdas untuk terbentuk di planet lain, seperti halnya yang terjadi di Bumi," ujar Christopher J Conselice dari University of Nottingham, Inggris.

Dia yakin pula bahwa, meskipun masih teori spekulatif, penampilan alien punya kemiripan dengan manusia. "Kita tidak akan sangat terkejut saat melihat mereka," cetusnya.

Kalkulasi mereka menggunakan metode yang disebut Astrobiological Copernican Limit dan diperkirakan sedikitnya ada 36 planet di Galaksi Bima Sakti ditinggali oleh alien.

Tim dari kampus tersebut berasumsi kehidupan di antariksa berkembang dengan cara yang sama seperti di planet kita. Artinya, kehidupan seharusnya ada di planet yang berada di zona habitat, yaitu planet dengan jarak aman dari bintangnya, dan umur planet itu antara 4,5 sampai 5,5 miliar tahun.

Jika benar demikian, kenapa peradaban itu belum bisa dicapai oleh manusia Bumi? Pertama-tama, tim tersebut mengidentifikasi makhluk cerdas sebagai mereka yang dapat memancarkan sinyal radio ke antariksa, seperti kita.

Manusia sendiri baru dapat memahami dan memancarkan sinyal radio dalam sekitar seratus tahun belakangan, padahal kita sudah menempati planet ini diperkirakan selama 200 ribu tahun.

Jadi saat kita mencoba menghubungi mereka dengan sinyal radio, level teknologinya masih sama sehingga belum dapat berkomunikasi. Selain itu ada masalah jarak yang sangat jauh.

Dikutip detikINET dari Metro, seandainya 36 peradaban alien itu tersebar di Bima Sakti, maka jarak terdekat dengan Bumi kemungkinan 17 ribu tahun cahaya. Artinya mustahil didatangi dengan teknologi yang ada saat ini.



Simak Video "Penampakan Diduga UFO Terekam Kamera Astronaut Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)