Lab Wuhan Diklaim Sangat Aman: Nyamuk Saja Tak Bisa Masuk

Lab Wuhan Diklaim Sangat Aman: Nyamuk Saja Tak Bisa Masuk

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 08 Jul 2020 07:03 WIB
Wuhan Instititure of Virology
Foto: Wuhan Instititure of Virology
Wuhan -

Spekulasi apakah virus Corona yang jadi pandemi dunia saat ini berasal dari laboratorium Wuhan Institute of Virology belum mereda. Direkturnya pun kembali tampil untuk meyakinkan betapa aman institusi yang dipimpinnya itu.

Dr Yuan Zhiming mengibaratkan, seekor nyamuk saja tidak akan bisa masuk ke sana tanpa izin atau otorisasi. Begitu pula tidak ada yang bisa keluar dari sana tanpa proses yang sangat ketat.

"Tanpa otorisasi, tidak ada dari periset kami yang bisa mengambil setetes air atau selembar kertas keluar dari lab," cetus Dr Yuan dalam siaran di televisi pemerintah China, CGTN.

"Jadi ketika beberapa orang berspekulasi bahwa kami mungkin membawa hewan eksperimen keluar atau menjualnya atau mungkin hewan itu lolos dari lab, mereka sebenarnya sama sekali tak tahu tentang manajemen dan operasi di lab kami," tegasnya.

Wuhan National Biosafety Laboratory di institut tersebut memang levelnya P4 atau secara teori keamanannya sangat tinggi dan satu-satunya di China yang menyandangnya. Lab P4 dirancang dapat meneliti virus amat berbahaya seperti ebola.

"Lab P4 dibuat dengan platform biosafety untuk memastikan periset aman dari patogen yang mereka teliti dan bahwa patogen itu tetap tersimpan di lab," papar Dr Yuan.