Ilmuwan Ungkap Rahasia Ular Bisa Terbang

Ilmuwan Ungkap Rahasia Ular Bisa Terbang

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 05 Jul 2020 06:03 WIB
ular terbang
Ular Bisa Terbang, Ilmuwan Ungkap Rahasianya. Foto: National Geographic Television
Jakarta -

Sebagai hewan melata, ular memang dikenal tidak bisa terbang. Namun, ada beberapa jenis ular yang bisa terbang sehingga bisa meluncur pada jarak yang lebih jauh. Para ilmuwan kini mengungkapkan rahasia ular bisa melakukannya.

Perlu dipahami, fenomena ular terbang yang dimaksud adalah ular yang bisa melompat dari cabang pohon, menggeliat di udara, dan mendarat ke pohon yang lain.

Dikutip dari IFL Science, ular dari genus Chrysoplelea bisa memanjat pohon dan mendorong dirinya sedemikian rupa untuk melompat sehingga bisa terbang hingga 100 meter.

Tekanan evolusioner memberikan kekuatan pada reptil ini untuk meratakan bentuk tubuhnya sehingga memiliki aerodinamika yang lebih baik. Jenis ular ini juga bergelombang di udara, persis seperti yang diungkapkan di berbagai film dokumenter alam.

Isaac Yeaton dari Virginia Tech menyebutkan bahwa spesies ular terbang selalu melakukan gerakan bergelombang ketika meloncat dan 'terbang' di udara. Gerakan ini mirip dengan gerakan ular saat ada di tanah atau gerakan ular air saat berenang.

Dalam pemaparannya di jurnal ilmiah Nature, Yeaton menjelaskan bahwa gerakan ular terbang melibatkan gelombang di kedua arah yakni horizontal dan vertikal. Selain itu, ular juga melakukan gerakan bergelombang atau menggeliat di udara agar stabil saat meloncat dari pohon.

Yeaton menemukan bahwa Chrysoplelea perlu melakukan gerakan bergelombang di udara untuk menghasilkan jangkauan pendaratan yang lebih jauh. Tanpa gerakan bergelombang, ular dapat langsung jatuh dengan jarak luncur yang semakin pendek.

Meski merupakan makhluk hutan hujan, ular Chrysoplelea perlu membuat lompatan panjang untuk menemukan mangsa agar tidak curiga. Jenis ular terbang lebih memilih untuk menghuni tepian tempat terbuka yang lebih banyak sinar matahari.

Para peneliti menyebutkan cara terbang Chrysoplelea akan sangat berguna diterapkan dalam pembuatan robot terbang, terutama yang ditujukan bagi robot tanpa kaki.



Simak Video "Ular Sanca Jumbo Lilit Bocah di Serpong Hingga Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)