10 Fakta Ilmiah Tanzanite, Batu Permata Super Langka

10 Fakta Ilmiah Tanzanite, Batu Permata Super Langka

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 20:04 WIB
Batu Permata Tanzanite
10 Fakta Ilmiah Tanzanite (Foto: Gemshoppy)
Jakarta -

Temuan batu permata Tanzanite membuat penambang di Tanzania kaya mendadak. Inilah kajian geologi terkait batu langka tersebut.

Tanzanite memang batu permata yang menarik. Pakar gemologi dari Gemological Institute of America (GIA) bernama Hobart M King pernah menulis ulasan ilmiah soal Tanzanite di Geology.com.

Dilihat detikINET, Jumat (26/5/2020) ada 10 fakta ilmiah Tanzanite yang menarik:


1. Asal nama Tanzanite

Tanzanite adalah nama pemberian perusahaan perhiasan Tiffany and Co untuk batu permata mineral zoisite berwarna biru yang hanya ditemukan di utara Tanzania. Letaknya di Bukit Merelani, dekat kaki Gunung Kilimanjaro dan Kota Arusha.

Tanzanite baru diperdagangkan sejak 1960-an. Berbeda dengan batu permata lain, yang sudah dikenal berabad-abad silam.


2. Warna unik Tanzanite

Warna Tanzanite adalah biru keunguan sampai biru violet. Warna ini dihasilkan dari kandungan vanadium di dalam struktur mineralnya. Ketika dipanaskan 600 derajat Celcius selama 30 menit, kondisi oksidasi vanadium berubah dan meningkatkan warna birunya.

Pemanasan Tanzanite untuk mengeluarkan warnanya, lebih rendah dari pada pemanasan pada rubi atau safir yang sampai 1.000-1.800 derajat Celcius selama berhari-hari.


3. Tanzanite dibandingkan permata biru lainnya

Sebelum Tanzanite, ada permata biru lain yaitu Aquamarine, Topaz dan Safir. Tanzanite disebut memiliki biru paling tegas dan kuat dibandingkan yang lain.

Di pasar batu permata, Tanzanite dan Safir paling disukai karena birunya. Baru setelah itu ada Aquamarine dan Topaz yang birunya lebih lembut.


4. Pleochroisme pada Tanzanite

Tanzanite adalah permata pleochroic. Artinya, warna permatanya berbeda-beda bergantung dilihat dari arah mana. Beberapa spesimen tampak biru di satu sisi, lalu tampak violet sampai merah dari sisi lain.

Oleh karena itu, memotong batu Tanzanite harus teliti dan hati-hati, karena bisa mempengaruhi warna apa yang nanti tampil. Perajin permata yang ahli akan menelisik batuan kasar sebelum memutuskan untuk memotongnya seperti apa untuk mendapatkan warna yang maksimal.