Fakta Mengagumkan dan Menakutkan Tentang Matahari

Fakta Mengagumkan dan Menakutkan Tentang Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 21 Jun 2020 06:16 WIB
foto matahari detail
Matahari. Foto: Paul Andrew via Daily Mail
Jakarta -

Matahari adalah benda antariksa yang sangat menarik, sekaligus menakutkan dan misterius. Di Tata Surya kita, Matahari adalah obyek paling besar. Berikut sekelumit fakta menariknya.

Dikutip detikINET dari Live Science, Matahari mencakup 99,8% massa Tata Surya. Begitu besar, diamaternya sekitar 109 kali diameter Bumi. Sekitar satu juta Bumi bisa muat di dalamnya.

Permukaan Matahari yang terlihat, suhunya di kisaran 5.500 derajat Celcius sedangkan temperatur di intinya amatlah panas, tembus lebih dari 15 juta derajat Celcius. Menurut NASA, untuk menyamai energi yang diproduksi Matahari, 100 miliar ton dinamit harus diledakkan tiap detik.

Menurut ilmuwan, Matahari hanyalah satu dari lebih 100 miliar bintang di Galaksi Bima Sakti. Ilmuwan memperkirakan Matahari masih muda usianya dibandingkan bintang lain, lahir sekitar 4,6 miliar tahun silam.

Diperkirakan bahan bakar nuklir Matahari masih cukup sampai 5 miliar tahun lagi. Saat itulah Matahari disebut bakal mencapai akhir hidupnya, membesar dan kemudian menjadi bintang kerdil.

Seperti kebanyakan bintang lain, Matahari terbuat terutama dari hidrogen, kemudian helium. Sisanya berasal dari 7 elemen yaitu oksigen, karbon, neon, nitrogen, magnesium, besi dan silikon.