Penampakan Cumi-cumi Raksasa dan Langka Terdampar

Penampakan Cumi-cumi Raksasa dan Langka Terdampar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 18 Jun 2020 06:08 WIB
Cumi cumi raksasa
Cumi-cumi raksasa yang terdampar. Foto: Daily Mail
Afrika Selatan -

Seekor cumi-cumi raksasa terdampar di pantai dan bikin kaget mereka yang melihatnya. Lokasinya di pantai Britannia Bay di Afrika Selatan.

Tampak dalam rekaman yang viral, cumi-cumi monster yang dinamakan Architeuthius dux itu sangat besar. Ukuran panjangnya sekitar 4 meter dan berat di kisaran 440 kilogram.

Hewan ini bisa dibilang amat jarang ditemukan, bahkan dikutip detikINET dari Daily Mail, tidak pernah dijepret dalam keadaan hidup sebelum tahun 2002. Kemudian cuma pernah divideokan untuk pertama kali pada tahun 2006.

Cumi-cumi raksasa bisa tumbuh sampai sepanjang 13 meter. Eksistensinya menginspirasi makhluk mitos seperti kraken.

Cumi yang terdampar di Afsel walau sudah tewas dalam keadaan utuh. Sebanyak delapan tentakel dan matanya amat besar. Ia memangsa ikan dan cumi lebih kecil di kedalaman lautan.

Cumi cumi raksasaCumi-cumi raksasa. Foto: Daily Mail

Ahli biologi kelautan di negara itu langsung menyimpan bangkainya untuk keperluan studi lebih lanjut. Wayne Florence selaku pakar dari Iziko Museums merasa kaget lantaran sukar melihat hewan ini secara langsung.

"Masih banyak yang terkejut cumi sebesar ini sungguh eksis. Sedangkan penyebab kematiannya mungkin baru bisa diketahui setelah kami membedahnya, setelah lockdown dibuka," cetus dia.

"Spesimennya dalam kondisi sangat baik, berada di museum di dalam freezer dan kami telah melakukan pemeriksaan awal, mengambil sampel untuk analisis DNA," paparnya lagi.

Nantinya akan diperiksa lebih lanjut soal genetisnya dan penyebab cumi malang ini terdampar di pantai. Kemudian setelahnya, ia akan diawetkan sebagai koleksi museum.

"Kami bahkan mungkin memutuskan hewan ini akan dipamerkan pada publik umum dalam pameran berikutnya," pungkas Florence, dikutip detikINET dari Daily Mail.



Simak Video "Gurih Empuk Sate Cumi-cumi di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)