Misterius, Warna Danau Ini Berubah Jadi Pink

Misterius, Warna Danau Ini Berubah Jadi Pink

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 13 Jun 2020 11:13 WIB
Danau Pink
Danau pink di India. Foto: Global News
India -

Apa yang membuat warna air di danau ini jadi pink atau merah jambu? Itulah yang ada di pikiran orang-orang di India, ketika danau Lonar di negara bagian Maharashtra tersebut berubah warna.

Ilmuwan masih menduga-duga. Ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebabnya, misalnya karena meningkatnya kadar garam di airnya, kehadiran ganggang, atau kombinasi keduanya.

Ahli geologi lokal, Gajanan Kharat, menyebut fenomena ini memang sudah pernah terjadi, tapi tidak setajam sekarang warnanya. "Terlihat merah tahun ini karena kadar garam di airnya meningkat," kata dia.

"Kadar air di danau itu menurun dan menjadi lebih dangkal, sehingga kadar garam aik dan menyebabkan perubahan internal," begitu dugaannya, dikutip detikINET dari CNN.

Ia menyatakan, periset menginvestigasi pula apakah ada ganggang merah yang menyebabkan perubahan warna itu. Sampelnya sudah dikirimkan ke beberapa laboratorium.

"Jika sudah dipelajari, maka kita akan bisa dengan pasti mengatakan kenapa danau itu berubah warna menjadi kemerahan," imbuhnya.

Danau bersangkutan letaknya 500 kilometer di timur kota Mumbai. Ia terbentuk setelah tumbukan meteor yang terjadi sekitar 50 ribu tahun silam. Danau Lonar selama ini merupakan destinasi wisata yang populer dan juga banyak diteliti oleh ilmuwan.



Simak Video "Pesona Danau Linow, Tomohon"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)