Ramalan Suram Masa Depan Bumi dan Ambisi Pindah Planet

Ramalan Suram Masa Depan Bumi dan Ambisi Pindah Planet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Jun 2020 13:19 WIB
Foto Bumi Bulat
Planet Bumi dilihat dari antariksa. Foto: NASA
Jakarta -

Bumi merupakan planet yang sempurna untuk kehidupan. Tapi ada beberapa tokoh terkenal yang meramalkan masa depan suram planet ini sehingga manusia harus berpindah ke planet lain atau ke antariksa. Berikut di antaranya:

1. Stephen Hawking

Mendiang Stephen Hawking, ilmuwan terkenal Inggris, termasuk getol memperingatkan bahwa Bumi makin tidak kondusif. Ia pernah mengatakan manusia harus meninggalkan planet Bumi dalam 100 tahun ke depan agar selamat, ke planet lain yang memungkinkan untuk dihuni.

"Saya sangat yakin bahwa kita harus mulai mencari planet alternatif untuk habitat yang memungkinkan. Kita sudah kehilangan banyak ruang di bumi dan harus melakukan terobosan teknologi yang mencegah kita hidup di mana saja di alam semesta ini," katanya.

Sosok yang kisahnya diangkat menjadi sebuah film berjudul The Theory of Everything ini berpendapat bahwa Bumi telah kehabisan waktu.

"Seluruh manusia harus meninggalkan planet ini untuk selamat dari terjangan perubahan iklim, penyakit epidemik, populasi yang membludak, hingga jatuhnya asteroid," katanya.

Pernyataan tersebut merujuk pemanasan global berpotensi meningkatkan suhu Bumi hingga dapat mencairkan pulau es seperti Greenland. Lalu, populasi Bumi sudah tembus 7,3 Miliar, dengan penyakit-penyakit yang dapat mengancam seluruh penduduk.

Para peneliti menurut dia harus memulai rencana untuk mencari rumah berikutnya bagi manusia mengingat kerusakan yang sudah dilakukan manusia kepada Bumi.

"Saya percaya bahwa kita sudah sampai pada tahap di mana kita tidak bisa kembali lagi. Bumi sudah terlalu kecil bagi seluruh manusia. Populasi global yang terus meningkat menjadi alarm bahwa kita sedang mengarah pada kehancuran kita sendiri," ujarnya.

Stephen Hawking mengatakan bahwa NASA, SpaceX milik Elon Musk, hingga Blue Origins kepunyaan Jeff Bezos menjadi tiga terdepan dalam menginisiasi era baru penjelajahan antariksa.

wisata