Pejabat China: COVID-19 Sudah Lama Ada, Bukan dari Pasar Wuhan

Pejabat China: COVID-19 Sudah Lama Ada, Bukan dari Pasar Wuhan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 02 Jun 2020 06:37 WIB
China telah membuka lockdown karena tidak ada kasus virus corona yang baru di negaranya. 
Sejumlah pasar di Wuhan pun kembali beroperasi.
Ilustrasi. Foto: AP/Olivia Zhang
Jakarta -

Kepala pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China, Gao Fu, dalam pernyataan terbaru menyatakan virus COVID-19 bukan berasal dari pasar hewan Wuhan. Bahkan ia menyebut virus itu sudah lama ada.

Namun demikian, ia tidak menyebut kira-kira dari mana asal virus Corona tersebut. "Awalnya, kami berasumsi bahwa pasar seafood itu mungkin punya virus itu, namun sekarang pasar tersebut lebih sebagai korban," kata dia.

"Coronavirus ini sudah eksis lama sebelumnya," tambah Geo seperti dikutip detikINET dari Newsweek.

Pada bulan Januari, Gao melontarkan pernyataan berbeda bahwa COVID-19 kemungkinan berasal dari hewan liar yang dijual di pasar Wuhan. Tapi sekarang, ia menyebut sampel yang diambil dari hewan di sana tidak menunjukkan jejak apapun dari virus itu.

Walaupun demikian, memang ada patogen terdeteksi di sampel yang berasal dari lingkungan pasar hewan Wuhan, termasuk dari selokan. Asal muasal COVID-19 masih tidak jelas, tapi Gao meyakinkan ilmuwan China sedang menginvestigasinya dan hal itu butuh waktu.

Pada bulan Januari, ilmuwan China mempublikasikan riset di jurnal The Lancet. Disebutkan bahwa kasus terawal COVID-19 menimpa pasien yang sakit pada 1 Desember dan tidak ada kontak dengan pasar Wuhan tersebut.

Artinya, ada kemungkinan virus tersebut sudah menyebar antar manusia dan tak terdeteksi, sebelum masuk ke pasar tersebut dan menginfeksi sejumlah orang.

Sejauh ini, belum ada kesimpulan pasti dari mana COVID-19 berawal. Wuhan Institute of Virology beberapa kali dituding bertanggungjawab, tapi sudah sering mereka bantah dan memang tidak ada buktinya.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)