5 Teori Kemungkinan Multiverse, Mungkinkah Ada Dunia Paralel?

5 Teori Kemungkinan Multiverse, Mungkinkah Ada Dunia Paralel?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 01 Jun 2020 17:07 WIB
Dunia Paralel
Teori yang terkait dengan multiverse. (Foto: Instagram/Guido Ruiz)
Jakarta -

Selama hidup di muka Bumi ini, pertanyaan 'apakah kita sendiri di alam semesta' masih belum terjawab. Itulah mengapa teori kemungkinan adanya multiverse muncul di segelintir benak ilmuwan.

Multiverse merupakan sebuah hipotesis berupa kemungkinan adanya beberapa kumpulan alam semesta termasuk alam semesta tempat kita tinggal. Mengutip Live Science, berikut ini adalah lima teori yang mendukung multiverse bukan suatu kemustahilan:


1. Infinite universes

Para ilmuwan tidak dapat memastikan seperti apa bentuk ruang-waktu, tetapi kemungkinan besar -- datar dan membentang tanpa batas. Tetapi jika ruang-waktu berlangsung selamanya, maka ini bisa berulang pada suatu waktu karena adanya partikel yang terbatas dan dapat diatur pada ruang dan waktu.

Singkatnya, seseorang bisa melihat menemukan versi lain dari diri mereka yang sebenarnya merupakan versi tak terbatas dari dirinya. Beberapa dari 'kembaran' ini mungkin akan melakukan apa yang Anda lakukan sekarang, sementara yang lain akan mengenakan pakaian yang berbeda pagi ini. Ada juga yang memilih untuk membuat keputusan berbeda dalam hidup seperti misalnya soal karier.

2. Bubble universes

Perdasarkan penelitian dari kosmolog Tufts University, Alexander Vilenkin, ketika melihat ruang-waktu secara keseluruhan, beberapa area ruang berhenti menggembung seperti Big Bang menggembungkan alam semesta kita sendiri. Namun, yang lain akan terus bertambah besar.

Yang menarik tentang teori ini adalah alam semesta lain dapat memiliki hukum fisika yang sangat berbeda dari kita, karena mereka tidak terkait.