Banyak yang Salah Menuliskan Huruf Kecil 'G', Kamu Termasuk?

Banyak yang Salah Menuliskan Huruf Kecil 'G', Kamu Termasuk?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 22 Mei 2020 15:15 WIB
tes otak dengan huruf g
Meski kelihatannya mudah, ternyata tidak semua orang bisa menuliskan huruf kecil 'G' dengan benar. Tapi tidak apa-apa kalau salah, kamu tidak sendiri kok.Foto: John Hopkins University
Jakarta -

Meski kelihatannya mudah, ternyata tidak semua orang bisa menuliskan huruf kecil 'G' dengan benar. Tapi tidak apa-apa kalau salah, kamu tidak sendiri kok.

Dalam tipografi modern, ada dua standar penulisan huruf kecil 'G' yakni opentail dan looptail. Untuk membedakannya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini sebagaimana detikINET kutip dari Science Alert.

Huruf 'G' kecil yang benar.Huruf 'G' kecil yang benar. Foto: (Jim Hood/Wikimedia)

Kembali pada temuan yang diperoleh tim ilmuwan kognitif dari Johns Hopkins University, mereka menjalankan tiga kali eksperimen. Pada eksperimen pertama, terdapat 38 partisipan dan hasilnya -- hanya satu orang yang menuliskan looptail 'g' dengan benar.

Eksperimen kedua, hasilnya sama saja. Setelah sebelumnya 16 partisipan diberi kesempatan membaca sebuah paragraf, tetap hanya satu orang yang bisa menuliskan huruf G looptail.

Terakhir, peneliti dengan terang-terangan memberikan pilihan ganda untuk menentukan huruf 'g' versi looptail yang benar. Kebanyakan dari 44 responden pun masih menjawab dengan salah.

Jawaban dari partisipan pada eksperimen ke-3.Jawaban dari partisipan pada eksperimen ke-3. Foto: (Wong et al., 2018)


Jadi kalau kamu detikers, tim yang menulis dengan benar atau salah nih?



Simak Video "Hasil Penelitian Baru, Covid-19 Mampu Bertahan di Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)