Mumi Gadis Remaja Ditemukan Pakai Mas Kawin Perhiasan Mewah

Mumi Gadis Remaja Ditemukan Pakai Mas Kawin Perhiasan Mewah

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 09 Mei 2020 04:15 WIB
Mumi perempuan yang hidup diperkirakan pada 3.500 tahun yang lalu dan menggunakan perhiasan mewa -- diduga sebagai mahar miliknya.
Mumi perempuan 3.500 tahun yang lalu menggunakan perhiasan diduga mahar (Foto: Facebook/Ministry of Tourism and Antiquities)
Jakarta -

Mumi gadis berumur antara 15 atau 16 tahun ditemukan menggunakan perhiasan mewah seperti kalung, cincin dan anting yang sepertinya adalah mas kawinnya. Mumi yang hidup pada 3.500 tahun lalu ini berada dalam peti kayu dekat Luxor, Mesir.

Temuan dari arkeolog asal Spanyol ini mengatakan mumi remaja itu ditemukan di peti mati kayu berukuran 1,7 meter yang dibungkus kain katun serta jenazahnya berada dalam kondisi 'konservasi yang buruk'.

Meski begitu, peti kayunya ditemukan masih dalam kondisi yang baik. Peti tersebut dibuat dari kayu sycamore dan telah dicuci kemudian dicat dengan warna merah, sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

Mumi perempuan yang hidup diperkirakan pada 3.500 tahun yang lalu dan menggunakan perhiasan mewa -- diduga sebagai mahar miliknya.Mumi perempuan yang hidup diperkirakan pada 3.500 tahun yang lalu dan menggunakan perhiasan mewa -- diduga sebagai mahar miliknya. Foto: Facebook/Ministry of Tourism and Antiquities

Mereka juga menemukan dan bola kulit yang diikat dengan tali yang merupakan salah satu permainan yang populer di kalangan gadis-gadis muda pada saat itu. Selain itu, ada juga temuan sandal kulit.

"Sandal itu dalam kondisi pengawetan yang baik, meskipun sudah berusia 3.600 tahun," kata José Galán, direktur dari misi arkeologi ini.

Sama halnya peti, sandal ini telah diwarnai merah. Uniknya, ada ukiran gambar Dewa Bes, Dewi Taweret, sepasang kucing, ibex dan roset.

"Benda-benda ini kemungkinan milik seorang wanita yang menggunakannya untuk olahraga atau sebagai bagian dari tarian," sambung Galán.

Peti mati gadis itu ditemukan terbaring di tanah dan tampaknya sengaja ditinggalkan bersama peti mati lainnya di situs yang sama. Hingga kini, sudah ada 13 peti yang ditemukan di situs tersebut.

Mike Tyson akan bertinju lagi, serius?


Simak Video "Polisi Ringkus Hacker Peretas Ribuan Situs di Dalam dan Luar Negeri!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)