Teleskop Hubble Rayakan Ultah ke-30 dengan Foto Mengagumkan

Teleskop Hubble Rayakan Ultah ke-30 dengan Foto Mengagumkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 25 Apr 2020 15:00 WIB
Cosmic Reef teleskop Hubble
Teleskop Hubble Rayakan Ulang Tahun ke-30 dengan Foto Mengagumkan Foto: NASA/ESA/STScI
Jakarta -

Teleskop luar angkasa Hubble telah beroperasi dan mengambil gambar keindahan jagad raya selama 30 tahun. Untuk memperingati ulang tahunnya, NASA membagikan foto dua nebula mengagumkan yang ditangkap teleskop legendaris ini.

Dikutip detikINET dari Space, Sabtu (25/4/2020) teleskop Hubble pertama kali diluncurkan ke luar angkasa pada 24 April 1990. Walau usianya tidak muda lagi, Hubble terus menangkap keindahan dan misteri luar angkasa, termasuk foto terbaru yang dipamerkan NASA untuk memperingati ulang tahunnya kali ini.

Dalam foto yang baru saja dirilis oleh NASA, Hubble menangkap dua nebula yang berada di Awan Magellan Besar, sebuah galaksi yang berjarak 163 ribu tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti.

Nebula yang paling besar dan berwarna merah adalah NGC 2014. Di bagian tengah nebula ini terdapat bintang yang baru saja terbentuk dengan ukuran 10-20 kali lebih besar daripada Matahari.

Sedangkan nebula yang berwarna biru, NGC 2020, terbentuk ketika bintang yang berukuran 200 ribu kali lebih besar dari Matahari mengeluarkan gas dalam jumlah besar.

Ilmuwan yang mengoperasikan Hubble menamai gambar ini 'Cosmic Reef' karena strukturnya yang cerah dan berwarna-warni terlihat mirip dengan terumbu karang yang ada di lautan.

Sejak diluncurkan 30 tahun yang lalu, teleskop ini telah melakukan pencapaian yang fenomenal. Hubble telah melakukan 1,4 juta pengamatan untuk 47.000 objek luar angkasa, dan menghasilkan lebih dari 164 terabyte data yang dipakai di lebih dari 17.000 makalah ilmiah.

"Sangat revolusioner untuk meluncurkan teleskop sebesar ini 30 tahun yang lalu, dan wahana astronomi bertenaga ini masih memberikan ilmu sains revolusioner hingga saat ini," kata Associate Administrator for Science NASA Thomas Zurbuchen dalam keterangannya.

"Gambar spektakulernya telah menangkap imajinasi selama beberapa dekade, dan akan terus menginspirasi umat manusia selama bertahun-tahun yang akan datang," imbuhnya.

Tapi untuk tetap bisa beroperasi, Hubble membutuhkan bantuan perbaikan dari manusia. Lima misi pesawat ulang alik telah diluncurkan untuk memperbaiki Hubble dan membantunya tetap beroperasi.

NASA memperkirakan teleskop ini akan terus beroperasi hingga tahun 2020-an. dalam waktu dekat, Hubble akan ditemani oleh teleskop ruang angkasa James Webb yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.



Simak Video "Pendaratan Mulus Robot Canggih Perseverance NASA di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)