Unik, Lebah Ini Setengah Jantan Setengah Betina

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 13:11 WIB
Photo by Chelsey Ritner
Lebah ini setengah jantan, setengah betina. (Foto: Chelsey Ritner)

Baru-baru ini ilmuwan menemukan lebah dengan kondisi gynandromorphy. Ilmuwan yang mengidentifikasi menemukan pada bagian kiri adalah jantan dan kanannya merupakan betina.

Ilmuwan menemukan lebah itu dalam sarangnya di hutan di Baro Colorado Island, Panama. Studi ini kemudian dipublikasikan pada 27 Februari silam di Journal of Hymenoptera Research.

Melansir Live Science, ketika sarang dikumpulkan, lebah itu adalah larva yang tertutup dalam sel induk, sebuah ruangan di sarang madu tempat lebah muda tumbuh, dan para ilmuwan memperhatikan bahwa itu adalah gynandromorph ketika muncul gejala saat dewasa.

Baru-baru ini ilmuwan menemukan lebah dengan kondisi gynandromorphy. Ilmuwan yang mengidentifikasi menemukan pada bagian kiri lebah adalah jantan dan kanannya merupakan betina.Baru-baru ini ilmuwan menemukan lebah dengan kondisi gynandromorphy. Ilmuwan yang mengidentifikasi menemukan pada bagian kiri lebah adalah jantan dan kanannya merupakan betina. Foto: Chelsey Ritner

Lebah ini adalah gynandromorphy pertama yang diketahui pada spesies lebah Megalopta amoena, dan merupakan kasus kedua yang ditemukan dalam genus Megalopta dalam lebih dari 20 tahun penelitian lapangan, para penulis penelitian melaporkan.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk kepala lebah 'sisi betina' memiliki antena yang menghadap ke depan dan mandibula yang lebih besar juga kuat. Kaki belakang sisi betina juga lebih besar dan lebih berambut daripada di sisi jantannya. Rambut yang digunakan untuk pengumpulan serbuk sari menutupi bagian betina dari tubuh bagian bawah, sedangkan sisi tubuh jantan menunjukkan lebih sedikit rambut.

Karena terbagi tepat di bagian tengah, lebah ini dikenal sebagai ginandromorph bilateral. Gynandromorphy juga bisa aksial yakni bagian depan tubuh adalah satu jenis kelamin dan bagian belakang adalah yang lain. Kondisi ini juga dapat muncul sebagai mosaik, dengan fitur jantan dan betina bercampur dan tersebar di seluruh tubuh hewan, menurut laporan pada 2013 di Journal of Crustacean Biology.

Mau tau sebenarnya Bumi ini bulat atau datar? Yuk dengerin pembahasannya di podcast Obat Gaptek di bawah ini