Badan Antariksa India Banting Setir Produksi Hand Sanitizer

Badan Antariksa India Banting Setir Produksi Hand Sanitizer

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 01 Apr 2020 13:44 WIB
India Bulan
Foto: ISRO
New Delhi -

Di tengah pandemi virus corona COVID-19, Indian Space Research Organization (ISRO) memutuskan untuk banting sentir mengembangkan ventilator dan hand sanitizer.

Merebaknya corona di India membuat ISRO merespon dengan menghentikan misi peluncuran dan memutar keahlian sumber daya mereka untuk mengembangkan ventilator dan hand sanitizer.

"Kami merancang ventilator dan membuat hand sanitizer dan mendistribusikannya," ujar S. Somananth, Head of Agency's Vikram Sarabhai Space Center kepada Time of India dikutip Space, Rabu (1/4/2020).

Diketahui hand sanitizer memiliki peran penting dalam memperlambat penyebaran virus. Sementara itu, ventilator bermanfaat untuk menstabilkan pasien yang sakit kritis akibat COVID-19 yang diidapnya.

Disebutkan keterlibatan ISRO dalam memproduksi ventilator dan hand sanitizer tersebut untuk membantu memerangi virus corona yang saat ini meresahkan dunia, termasuk di negaranya.

Berdasarkan data yang dihimpun Johns Hopkins University per 30 Maret, kasus positif di negeri Bollywood ini mencapai lebih dari 1.000 orang. Pemerintah setempat pun langsung bereaksi dengan menerapkan lockdown untuk memutus penyebaran COVID-19.

Kendati begitu, ISRO masih tetap menjalankan tugas utamanya di bidang antariksa, khususnya mengawasi wahana satelit Geosynchronous dan Chandrayaan-2 yang saat ini mengorbit di Bulan.



Simak Video "Ilmuwan China Klaim Corona Berasal dari India, Bukan dari Wuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)