SpaceX Karantina Pegawai Setelah Satu Orang Positif Corona

SpaceX Karantina Pegawai Setelah Satu Orang Positif Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 26 Mar 2020 09:32 WIB
Cape Canaveral, Langganan SpaceX Luncurkan Roket
SpaceX Karantina Pegawainya Setelah Satu Orang Positif Corona Foto: Internet
Jakarta -

Satu pegawai dan satu petugas kesehatan yang bekerja di markas SpaceX di Hawthorne, California positif terinfeksi virus corona. Untuk mengatasi penyebaran, SpaceX langsung mengkarantina sejumlah pegawainya.

Dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (26/3/2020) pegawai SpaceX yang positif COVID-19 tersebut baru saja pulang dari luar negeri. Semua pegawai yang sempat melakukan kontak jarak dekat dengan pegawai yang positif diminta untuk karantina di rumah selama 14 hari.

SpaceX juga memerintahkan 12 pegawainya untuk mengkarantina diri selama 14 hari dan terus memonitor kesehatannya untuk melihat gejala virus corona.

Ke-12 pegawai ini sebelumnya pernah bertemu dengan petugas kesehatan dari One Medical yang positif terinfeksi virus corona. One Medical adalah perusahaan yang menyediakan layanan kesehatan di markas SpaceX.

Setelah ditemukan kasus positif di markasnya SpaceX tetap membuka kantornya karena perusahaan yang bergerak di bidang aerospace dan pertahanan merupakan bisnis infrastruktur yang penting untuk keamanan nasional. Jadi pegawai tidak memiliki pilihan kecuali tetap bekerja di kantor jika badannya dirasa sehat.

Perusahaan besutan Elon Musk ini langsung menyediakan peralatan pelindung untuk pegawai yang tetap masuk kantor, seperti masker N95 dan sarung tangan. Mereka juga membeli lebih banyak termometer untuk melakukan screening kesehatan yang lebih luas.

SpaceX juga berencana membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan dasar alkohol isopropil. Nantinya botol hand sanitizer ini, bersama tisu pembersih, akan disebar di seluruh kantor.

Mereka juga telah menerapkan kebijakan lainnya untuk cegah penyebaran virus corona seperti memberi jarak antar kursi di meja makan dan mengharuskan pegawai menggunakan alat makan sekali pakai. Pegawai SpaceX juga diharuskan menggunakan sarung tangan saat mengambil kopi dari dapur bersama.



Simak Video "NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)