Senin, 23 Mar 2020 21:30 WIB

Virus Corona Ganggu Keberangkatan Astronaut ke Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi Astronot Virus Corona Ganggu Ritual Keberangkatan Astronaut ke ISS Foto: (iStock)
Jakarta -

Ritual dan tradisi yang biasa dilakukan astronaut sebelum terbang ke International Space Station (ISS) ikut terganggu karena virus corona. Pasalnya mereka harus menjalani proses karantina yang lebih ketat sebelum meluncur ke orbit.

Dikutip detikINET dari The Guardian, Senin (23/3/2020) kru selanjutnya yang terbang ke ISS seharusnya memulai seremoni peluncuran pada bulan depan. Tapi tradisi seperti menaruh bunga anyelir merah di tempat ditaburkannya abu Yuri Gagarin di Kremlin terpaksa dibatalkan.

Ketiga astronot juga tidak akan mengunjungi kantor Gagarin di Star City sebagai bentuk penghormatan. Tradisi seperti ini biasanya tidak dilakukan besar-besaran, tapi karena mengikuti lockdown dan social distancing yang diterapkan di banyak negara, badan antariksa tidak ingin mengambil risiko.

"Semua tradisi dibatalkan. Kru sedang diisolasi dan tidak bisa bertemu siapapun kecuali mereka yang telah di-screen," kata Head of the Astronaut Corps European Space Agency, Frank De Winne.

Sebelum virus corona merebak, kru ISS melakukan karantina selama dua minggu di pusat peluncuran Baikonur, Kazakhstan. Tapi mereka bebas mengikuti upacara dan perpisahan di Moskow sebelum diterbangkan ke kosmodrom.

Karena pengawasan yang lebih ketat, kru yang terdiri dari astronaut NASA Chris Cassidy serta kosmonaut Rusia Anatoli Ivanishin dan Ivan Vagner, harus dikarantina selama dua minggu bahkan sebelum mereka menuju Baikonur. Ketiganya dijadwalkan meluncur ke ISS pada 9 April mendatang.

"Karantina menjadi lebih ketat sekarang. Sesedikit mungkin orang memiliki akses pada kru, artinya ilmuwan yang membutuhkan data dari mereka harus ikut menjalani karantina sebelum mereka bisa mengakses kru dan melakukan pengecekan terakhir," kata De Winne.



Simak Video "Christina Koch, Astronaut yang Kembali Setelah 328 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)