Ada Virus Corona, Bagaimana Jika Astronaut Sakit di Luar Angkasa?

Ada Virus Corona, Bagaimana Jika Astronaut Sakit di Luar Angkasa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 13 Mar 2020 17:35 WIB
NASA Pamer Foto Penjelajahan Astronaut ke Bulan
Ada Virus Corona, Bagaimana Jika Astronaut Sakit di Luar Angkasa? (Foto: NASA)
Jakarta -

Virus corona atau COVID-19 menyebar secara global termasuk Indonesia dengan pasien pertama yang terdeteksi di daerah Depok. Apabila para astronaut di luar angkasa dan jatuh sakit, akan seperti apa jadinya?

Mengulik sejarah, sebelumnya Apollo 7 pada tahun 1968, seluruh kru mengalami pilek di ruang angkasa. Menurut Jonathan Clark ahli bedah kru dari NASA's Space Shuttle program dan kini merupakan profesor neurologi dan pengobatan luar angkasa di Space Medicine at the Baylor College Of Medicine, hal itu memiliki dampak yang signifikan.

Diduga, kasus ini bermula dari Wally Schirra yang kemungkinan besar berangkat dengan flu ringan dan menyebarkannya ke anggota kru lainnya. Para astronot kehabisan obat-obatan dan tisu, bahkan mereka menolak untuk memakai helm mereka saat memasuki atmosfer Bumi kembali, masih kata Clark.

Dikutip dari Space, kesulitan serupa menimpa astronaut di Apollo 8 dan Apollo 9, yang juga mengalami pilek. Setelah misi-misi ini, NASA menerapkan karantina pra-penerbangan yang menyerukan kontak terbatas serta pemantauan kontak dengan manusia lain guna memastikan kesehatan dan keselamatan kru.