Asteroid Setinggi Gedung Pencakar Langit Berpotensi Tabrak Bumi

Asteroid Setinggi Gedung Pencakar Langit Berpotensi Tabrak Bumi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Mar 2020 13:52 WIB
asteroid
Asteroid Setinggi Gedung Pencakar Langit Berpotensi Tabrak Bumi. Foto: European Space Agency (ESA)
Jakarta -

Sudah sering ditemukan asteroid yang mendekati Bumi, tapi kemudian tidak menimbulkan dampak yang membahayakan. Namun kali ini, asteroid yang akan datang dan berpotensi menabrak Bumi.

Dikutip detikINET dari Cnet, Sabtu (6/3/2020) asteroid tersebut dinamai 2020 DR2 itu baru ditemukan pada 20 Februari lalu. Planetary Defense Office yang merupakan bagian dari European Space Agency (ESA) mengatakan, asteroid ini berukuran 600 meter, kurang lebih sama dengan gedung World Trade Center di New York.

Benda antariksa ini memiliki kemungkinan 1 berbanding 80.000 menabrak planet kita pada tahun 2081. Sebelumnya, pada tahun 2074, asteroid ini juga memiliki potensi menabrak lebih kecil.

Observasi awal 2020 DR2 menempatkan asteroid ini di puncak 'daftar risiko' yang ditetapkan NASA dan badan antariksa lainnya. Daftar ini berisi objek luar angkasa yang terus dipantau untuk melihat apakah mereka berpotensi menabrak Bumi.

Biasanya, daftar ini berisi puluhan objek luar angkasa yang memiliki rating nol menurut Torino Scale. Rating nol ini berarti objek tersebut sama sekali tidak memiliki kemungkinan untuk menabrak Bumi.

Tapi 2020 DR2 merupakan salah satu asteroid yang langka karena memiliki rating satu dalam Torino Scale. Tapi, tidak perlu khawatir karena Torino Scale menilai objek dari satu sampai 10, jadi keberadaan 2020 DR2 tidak begitu mengkhawatirkan.

Menurut deskripsi NASA, rating satu berarti objek yang mendekati Bumi diprediksi tidak begitu berbahaya. Hasil kalkulasi sementara menunjukkan risiko tabrakan sangat kecil dan publik tidak perlu khawatir.

Dengan observasi lebih lanjut menggunakan teleskop, rating 2020 DR2 bisa diturunkan menjadi nol. Seperti yang terjadi pada asteroid 2020 BW14 yang awalnya menerima rating satu, tapi kemudian diturunkan menjadi nol hanya tiga hari setelah ditemukan.

Kemungkinan besar astronom akan memastikan asteroid 2020 DR2 akan mendekati Bumi pada 2081 tanpa menimbulkan bahaya. Kendati begitu, untuk saat ini asteroid tersebut menarik untuk terus diawasi.



Simak Video "Catat! Asteroid Sebesar Bukit Bakal Lintasi Bumi 29 April 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)