'Bulan' Misterius yang Buntuti Bumi Tertangkap Kamera

'Bulan' Misterius yang Buntuti Bumi Tertangkap Kamera

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 02 Mar 2020 06:15 WIB
wujud bulan mini misterius yang kelilingi Bumi
Wujud 'Bulan' Misterius yang Buntuti Bumi Tertangkap Kamera Foto: international Gemini Observatory/ NSF's National Optical-Infrared Astronomy Research Laboratory/ AURA/ G. Fedorets
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu astronom menemukan objek luar angkasa yang mengelilingi Bumi dan diduga sebagai minimoon atau bulan mini. Kini peneliti berhasil menangkap wujud objek misterius ini lewat teleskop.

Objek tersebut diberi nama 2020 CD3 oleh Astronomical Union's Minor Planet Center pada 25 Februari 2020. Banyak ilmuwan yang berspekulasi bahwa objek tersebut merupakan asteroid, yang menjadikan objek ini sebagai satelit alami kedua yang mengelilingi Bumi setelah Bulan.

Satelit yang baru ditemukan ini juga akan meninggalkan orbit Bumi dalam waktu dekat. Astronom pun berlomba-lomba untuk mendapatkan gambarnya agar bisa meneliti objek misterius ini lebih jauh.

"Mendapatkan gambar ini merupakan sebuah perjuangan untuk tim Gemini karena objek ini semakin memudar ketika bergerak menjauhi Bumi," kata Head of Science international Gemini Observatory John Blakeslee dalam keterangan resminya yang dikutip detikINET dari The Independent, Senin (2/3/2020).

"Objek ini diperkirakan akan keluar dari orbit Bumi pada bulan April," sambungnya.

Dalam foto tersebut, 2020 CD3 terlihat seperti titik terang yang berada di tengah. Di sekitarnya terlihat bintang-bintang melesat karena teleskop ikut bergerak untuk mengikuti pergerakan objek tersebut.

Foto ini diambil pada 24 Februari, tidak lama setelah 2020 CD3 pertama kali ditemukan. Astronom pun berharap bisa mengambil lebih banyak foto agar bisa memahami objek ini lebih dalam.

Mereka akan fokus mempelajari seberapa cerahnya objek ini dan seberapa banyak cahaya yang dipantulkannya. Jika objek ini lebih redup, kemungkinan objek ini terbuat dari batu. Tapi jika sinarnya lebih cerah, kemungkinan merupakan sampah antariksa yang berkilau.

"Observasi tambahan untuk memperjelas posisinya akan membantu kita menentukan orbit objek misteri ini dan kemungkinan asal usulnya," ujar Blakeslee.



Simak Video "Tersandung hingga Terjatuh, Tingkah Astronaut saat Mendarat di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)