Hewan Ajaib Ini Bisa Hidup Abadi

Hewan Ajaib Ini Bisa Hidup Abadi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 25 Feb 2020 06:00 WIB
Ubur-ubur
Turritopsis dohrnii. Foto: istimewa
Jakarta -

Ubur-ubur yang satu ini bukanlah binatang biasa. Ia bisa hidup selamanya alias abadi dalam kondisi tertentu.

Namanya Turritopsis dohrnii, habitatnya di berbagai lautan dunia. Ia adalah satu dari sedikit hewan yang mampu membalik siklus hidupnya berulangkali, sehingga bisa dikatakan dapat hidup selamanya.

Selama Turritopsis dohrnii tidak dimakan predator, maka ia dapat terus menerus hidup tanpa dibatasi waktu seperti umumnya makhluk hidup.

Ubur-ubur ini memulai hidupnya sebagai larva yang menempel ke bebatuan di air. Sekali sudah tertempel dengan baik, larva itu bermetamorfosa menjadi polyp yang kemudian dapat mengkloning dirinya sendiri menjadi jumlah yang besar.

Dikutip detikINET dari BBC, ubur-ubur kecil lantas muncul, berbentuk seperti miniatur payung kecil dengan tentakel, berenang di lautan. Mereka menjadi dewasa secara seksual.

Ketika ubur-ubur ini mencapai akhir hidupnya karena terluka atau kelaparan, mereka menuju dasar lautan dan mulai rusak tubuhnya. Namun ajaibnya, sel mereka kemudian tumbuh kembali dan berkembang menjadi polyp. Polyp itu lalu menjadi ubur-ubur lagi.

Begitulah, tahapan semacam itu terus berulang sehingga jika tidak ada bahaya, praktis Turritopsis dapat hidup selamanya. "Ini merupakan salah satu temuan paling menakjubkan," kata peneliti ubur-ubur asal Australia, Dr Lisa-ann Gershwin.

Ubur-ubur itu memang wujudnya tidak lagi sama persis seperti dirinya sebelumnya, tapi tetap saja mereka tidak mati. Secara teknis, mungkin lebih tepat mereka disebut beregenerasi. Tapi kehidupan mereka yang unik itu adalah yang paling dekat dengan immortality atau hidup selamanya di antara hewan-hewan lainnya.



Simak Video "Kerajaan Ubur-ubur Langka, Berau"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)