Booking Hotel Sudah Biasa, Nih Coba Booking Roket SpaceX!

Booking Hotel Sudah Biasa, Nih Coba Booking Roket SpaceX!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 07 Feb 2020 15:51 WIB
Falcon 9
Booking Hotel Sudah Biasa, Nih Coba Booking Roket SpaceX! (Foto: Raig Bailey/Florida Today)
Jakarta -

Booking tiket pesawat atau hotel secara online sudah biasa. Kini kalian bisa juga bisa booking roket Falcon 9 milik SpaceX secara online lho.

SpaceX baru saja meluncurkan layanan booking online untuk program rideshare pengantaran satelitnya. Program rideshare ini memungkinkan operator satelit kecil untuk berbagi tumpangan jika tidak memiliki biaya untuk menyewa satu roket sekaligus.

Dilansir detikINET dari TechCrunch, Jumat (7/2/2020) biaya untuk menyewa roket biasanya mencapai lebih dari USD 60 juta. Tapi dengan layanan rideshare ini, SpaceX mematok biaya mulai dari USD 1 juta untuk payload hingga 200 kg, dan beban tambahan dikenai biaya USD 5.000/kg.

Untuk booking roket Falcon 9 secara online, caranya tidak sesulit yang dibayangkan. Pertama pilih tujuan orbit yang diinginkan misalnya sun-synchronous, orbit Bumi rendah atau polar. Setelah itu pilih tanggal kesiapan terbang proyek.

Kemudian masukkan total beban yang hendak diterbangkan ke orbit dan kalian akan mendapatkan biaya perkiraan. Setelah itu pilih port yang dibutuhkan di roket, dan pilih roket spesifik yang ingin disewa dari jadwal yang sudah disediakan.

SpaceX juga menawarkan beberapa opsi add-on seperti port adapter, pengisian bahan bakar dan asuransi peluncuran. SpaceX juga menerima pembayaran deposit yang tidak bisa dikembalikan sebesar USD 5.000 secara online.

"Setelah permintaan reservasi diterima, SpaceX akan menyediakan paket selamat datang yang menjabarkan langkah selanjutnya untuk peluncuran," tulis SpaceX.

Layanan booking roket online milik SpaceX ini mungkin tidak semudah cara booking pesawat untuk liburan. Tapi setidaknya layanan ini semakin memudahkan operator satelit untuk mencapai orbit dengan harga yang lebih terjangkau.



Simak Video "Saksikan Peluncuran SpaceX, Trump Lagi-lagi Tanpa Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)