Senin, 20 Jan 2020 10:12 WIB

Ambisi Elon Musk, Angkut 1 Juta Orang ke Mars

Agus Tri Haryanto - detikInet
Starship. Foto: Reuters
Jakarta - Elon Musk sungguh-sungguh ingin membentuk koloni manusia di Mars. Bos SpaceX tersebut itu pun berambisi untuk membawa satu juta orang dari Bumi pindah ke Mars!

Melalui Starship, pesawat ruang angkasa yang dikembangkan perusahaannya, mampu membawa hingga 100 orang penumpang. Dengan bantuan roket pendorong Super Heavy, harapan menciptakan kolonisasi Mars bukan lagi sekedar mimpi.



Super Heavy sendiri merupakan roket yang bisa digunakan kembali. Sehingga hal itu dapat memotong biaya spaceflight yang sangat mahal.

Harapannya, nanti di masa depan, rata-rata Musk punya tiga Starship dalam sehari yang melakukan penerbangan. Setiap Starship itu dapat membawa sekitar 100 ton muatan ke orbit atau sekitar 100 ribu ton per tahun.

SpaceX digeber untuk bisa memproduksi 100 Starship per tahun. Bila untuk mencapai 1.000 unit pesawat ruang angkasa itu bisa menghabiskan waktu sampai 10 tahun.

Itu artinya, ada sekitar 100 ribu orang yang akan berangkat dari Bumi ke Planet Merah. Musk bercita-cita bahwa satu juta koloni manusia di Mars dapat dicapai pada 2050.




Pembentukan pemukiman yang berkelanjutan di Mars merupakan alasan Musk dalam membentuk SpaceX pada 2002 silam. Selama itu pula, ia mengumpulkan kekayaan untuk menjadikan umat manusia spesies multiplanet.

Itu baru kendaraan untuk pergi ke Mars. Musk sendiri tidak mengungkapkan bagaimana kebutuhan manusia, seperti makan, minum, dan hal lainnya agar bisa bertahan hidup di planet tetangga dengan Bumi ini.

Simak Video "Kekasih Elon Musk Buka-bukaan soal Kehamilannya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)