Rabu, 15 Jan 2020 16:28 WIB

Angkatan Laut AS Diam-diam Simpan Video Penampakan UFO

Virgina Maulita Putri - detikInet
Angkatan Laut AS Diam-diam Simpan Video Penampakan UFO Foto: Istimewa
Jakarta - US Navy atau Angkatan Laut AS rupanya memiliki dokumen dan video penampakan UFO yang diberi label 'Secret' dan 'Top Secret'. Informasi ini akhirnya terungkap setelah adanya permintaan Freedom of Information Act (FOIA) dari peneliti Christian Lambright.

Dokumen dan video ini terkait dengan penampakan UFO yang sempat menghebohkan pada tahun 2004 lalu. Saat itu, beberapa pilot US Navy yang bermarkas di USS Nimitz menemukan UFO berbentuk Tic-Tac yang terbang dengan arah tidak jelas di Samudera Pasifik.


Penampakan tersebut kemudian direkam menggunakan kamera senjata yang ada di pesawat F-18. Saat itu, petinggi US Navy menyebut fenomena tersebut sebagai 'unidentified aerial phenomenon' tapi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut, hingga kini.

Dilansir detikINET dari Vice, Rabu (15/1/2020) juru bicara Office of Naval Intelligece (ONI) mengonfirmasi keberadaan dokumen dan video UFO tersebut. Ia juga mengatakan jika material ini dirilis ke publik bisa membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat.

Dokumen top secret ini termasuk beberapa slide presentasi tentang insiden tersebut yang diberikan kepada ONI oleh agensi yang tidak diketahui. ONI juga mengaku memiliki video yang tidak diketahui durasinya dan diberi label 'secret'.


ONI tidak mengatakan apakah video UFO ini sama dengan video 1 menit yang sempat bocor online pada tahun 2007. Tapi pada November 2019, beberapa kru yang menyaksikan insiden tersebut mengatakan ada video penampakan yang lebih panjang dengan durasi 8-10 menit.

Rekaman video lebih panjang ini sayangnya dikumpulkan dan dihapus oleh seorang individu yang tidak dikenali. Luis Elizondo, mantan pegawai Pentagon yang pertama kali mengungkap video tersebut ke publik mengatakan bahwa orang-orang jangan terkejut jika melihat ada video lain dengan durasi lebih panjang.

Simak Video "Siapa Tahu Butuh! Ini Lokasi Tempat Berburu Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)