Minggu, 12 Jan 2020 21:04 WIB

Baru 3 Hari Magang di NASA, Anak 17 Tahun Temukan Planet Baru

Aisyah Kamaliah - detikInet
Wolf Cukier yang menemukan planet baru. Foto: NBC 4 New York
Jakarta - Wolf Cukier dari Scarsdale High School sedang menjalani magang selama dua bulan di NASA. Tapi, apa yang terjadi dalam masa magangnya sungguh tidak terduga, ia menemukan planet baru di hari ketiganya bekerja.

Tugas pertamanya adalah untuk mengamati variasi dari kecerahan bintang yang tertangkap Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), sebagai bagian dari proyek perburuan planet baru atau Planet Hunters TESS. Hanya dalam tiga hari, ia pun menemukan planet yang 6,9 kali lebih besar dari Bumi.


NASA pun telah mengumumkan temuannya itu pada situsnya dan menamakannya sebagai Planet 'TOI 1338 b'.

"Sekitar tiga hari dalam masa magang, saya melihat sinyal dari sistem yang disebut TOI 1338. Awalnya saya pikir itu adalah gerhana Bintang, tetapi salah. Ternyata itu sebuah planet," ujarnya kepada NASA, seperti dikutip dari CNBC.

Menurut NASA, TOI 1338 b 6,9 kali lebih besar dari Bumi (kurang lebih besarnya di antara ukuran Neptunus dan Saturnus) dan terletak di konstelasi Pictor, sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi.


TOI 1338 b adalah planet pertama yang ditangkap oleh sistem TESS yang dianggap sebagai planet sirkumbiner atau yang mengorbit dua bintang. Kedua bintang itu saling mengorbit setiap 15 hari, dan yang satunya memiliki ukuran 10% lebih besar dari Matahari.

Simak Video "Bocah Magang di NASA Temukan Planet Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)