LAPAN Ungkap Sebaran Titik Banjir Dilihat dari Satelit

LAPAN Ungkap Sebaran Titik Banjir Dilihat dari Satelit

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 06 Jan 2020 06:32 WIB
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperlihatkan area genangan banjir yang menenggelamkan beberapa area di wilayah DKI Jakarta lewat data satelit pengindaraan jauh.

Untuk mendeteksi banjir tersebut, LAPAN menggunakan data dari citra Sentinel-1 pada sebelum dan setelah kejadian.



Citra sebelum kejadian ada pada perekaman tanggal 6 Juli 2019. Sedangkan sesudah banjir menerjang ibu kota, dilakukan pada 2 Januari 2020.

Hasilnya, seperti yang terlihat pada postingan LAPAN di akun Instagram miliknya, hampir seluruh wilayah Jakarta tersebut ada area genangan banjir. Tanda banjir itu diperlihatkan dari penyebaran titik-titik berwarna biru.

[Gambas:Instagram]



Adapun informasi genangan banjir berbasis satelit penginderaan jauh ini, kata LAPAN, agar bisa dijadikan analisis bersama-sama.

"Data sebelum dan sesudah banjir digunakan untuk analisa secara bersamaan sehingga diketahui perubahan adanya genangan," kata LAPAN.



Pada postingan yang sama, LAPAN juga memberitahu bahwa untuk masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berhati-hati pasca-banjir Jakarta. Khusus untuk ini, LAPAN memanfaatkan pantauan satelit cuaca Himawari.

"Dari pantauan satelit cuaca Himawari pagi hari ini, setelah pusat depresi tropis di laut selatan yg menyebabkan banjir di Jabotabek, saat ini pusat depresi tropis bergeser ke timur. Giliran NTB dan NTT yg perlu waspada terhadap bencana hidrometeorologi krn datangnya hujan lebat disana," tutur LAPAN.




Simak Video "Beberapa Jam Diguyur Hujan, Rumah dan Jalanan di Mamuju Kebanjiran"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)