Bintang Raksasa Dekat Bumi Diprediksi akan Meledak

Bintang Raksasa Dekat Bumi Diprediksi akan Meledak

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 30 Des 2019 07:18 WIB
Betelgeuse yang diabadikan Herschel Space Observatory. Foto: ESA
Jakarta - Sebuah bintang raksasa dekat Bumi bernama Betelgeuse diprediksi ilmuwan akan meledak. Sebab tingkahnya belakangan terpantau aneh.

"Betelgeuse makin meredup," kata Edward Guinan, profesor astronomi dari Universitas Villanova dalam laporannya berjudul The Fainting of The Nearby Supergiant Betelgeuse.


Betelgeuse adalah salah satu bintang paling terang di langit dan berada di gugusan Orion. Peredupan sendiri tercatat dalam beberapa minggu terakhir dan melalui proses bertahap.

Setiap kali para ilmuwan mengamati bintang hingga Desember, Betelgeuse tampak kurang terang, sampai-sampai menjadi lebih redup daripada sebelumnya. Kondisi ini membuatnya terlempar dari 10 bintang paling terang di langit.

Bahkan kini tidak masuk dalam 20 besar. Betelgeus sekarang berada di urutan ke-23.

Bintang Raksasa Dekat Bumi Diprediksi akan MeledakBetelgeuse Foto: Wikisky

Para ilmuwan berpikir peredupan yang tidak biasa ini menjadi pertanda akan meledak menjadi supernova, meskipun tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada bintang ini.

Dan bila Betelgeuse benar-benar meledak akan terlihat dari Bumi. Pasalnya bintang ini jaraknya 700 tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti, bahkan bisa dilihat di siang hari. Kendati diperkirakan akan meledak, prosesnya tidak terjadi dalam waktu dekat.

"Ledakan itu mungkin akan terjadi 200.000 sampai 300.000 tahun lagi," ungkapGuinan.

Bintang Raksasa Dekat Bumi Diprediksi akan Meledak



Simak Video "Mengamati Bintang di Rumah Teropong, Lembang"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)