Setelah 20 Tahun, Singapura 'Gelap' Gegara Gerhana Matahari Cincin

Setelah 20 Tahun, Singapura 'Gelap' Gegara Gerhana Matahari Cincin

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 23 Des 2019 06:00 WIB
Ilustrasi gerhana matahari. Foto: Reuters
Jakarta - Tak hanya wilayah Indonesia yang merasakan gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019, Singapura juga bakal kebagian. Menariknya, perlu 20 tahun lamanya untuk negara tetangga tersebut kembali 'gelap' gerhana matahari.

Seperti dilansir dari The Straits Times, Senin (23/12/2019), wilayah Singapura mengalami 'kegelapan' karena Matahari tertutup Bulan ini terjadi pada pukul 11.30 sampai 15.20 waktu setempat. Puncaknya, akan terjadi pukul 13.22 hingga 13.24 waktu Singapura.


Daerah-daerah di bagian selatan Singapura, seperti Sentosa, Jurong, Bukit Timah, dan Changi bisa menyaksikan gerhana Matahari cincin. Pada saat itu terjadi, Bulan akan menutupi sekitar 94% dari permukaan Matahari dan meninggalkan cahaya di tepian menyerupai sebuah cincin.

"(Gerhana Matahari cincin) itu tidak akan sepenuhnya gelap karena Matahari masih lebih cerah," kata President of the Astronomical Society Singapore Albert Ho.

"Bahkan, sekitar 94% piringan Matahari tertutup oleh Bulan, lingkungannya tidak akan gelap, tetapi skenarionya lebih ke langit mendung," sambungnya.



Diberitakan sebelumnya, Indonesia juga akan merasakan fenomena astronomi gerhana Matahari cincin. Kabupaten Siak di Riau dan Singkawang di Kalimantan jadi posisi terbaik detik-detik Bumi, Bulan, dan Matahari dalam kondisi sejajar.

Sedangkan wilayah Indonesia lainnya masih terjadi gerhana Matahari, namun tidak berbentuk cincin, melainkan sebagian.

Nah, catat waktunya nih. Berikut tahapan terjadinya gerhana Matahari cincin di Indonesia seperti yang disampaikan LAPAN:

Mulai gerhana sebagian 10:22:38 WIB
Mulai gerhana cincin 12:15:54 WIB
Puncak gerhana cincin 12:17:43 WIB
Gerhana cincin berakhir 12:19:33 WIB
Akhir gerhana sebagian 14:13:52 WIB

Simak Video "Sempat Trending, #GerhanaMatahariCincin Bikin Galau Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)