10 Hewan Paling Pintar di Dunia

10 Hewan Paling Pintar di Dunia

ADVERTISEMENT

10 Hewan Paling Pintar di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 19 Des 2019 07:46 WIB
Gurita. Foto: Metro
Jakarta - Anjing dan lumba-lumba sudah sejak lama dianggap sebagai hewan yang pintar, namun apakah mereka benar-benar menjadi yang paling cerdas di dunia binatang?

Dr Karen Becker, dokter hewan yang sudah mendapatkan lisensi sebagai perawat hewan sejak usia 14 tahun ini membuat daftar 10 hewan paling pintar di dunia. Hewan apa saja? Simak rangkumannya seperti dihimpun detikINET.

10. Gurita: Dari seluruh hewan invertebrata, gurita memiliki otak paling besar dengan 130 juta neuron. Namun, 60% dari neuron gurita tidak berada di otak, melainkan di lengannya, yang juga dapat tumbuh kembali setelah terpotong.

9. Babi: Para peneliti mempelajari bahwa babi memiliki memori jangka panjang sangat baik. Hewan yang senang berendam di lumpur ini juga dapat menemukan jalan keluar dari labirin, memahami bahasa simbolis sederhana, belajar menggunakan joystick, serta menggunakan cermin untuk menemukan makanan yang tersembunyi.

Satu hal yang unik dari babi adalah, mereka tidak berendam di lumpur karena mereka senang berkotor ria, namun untuk menurunkan suhu tubuh mereka, mengingat hewan ini tidak punya kelenjar keringat.

8. Burung dara: Sebuah studi menunjukkan bahwa burung dara dapat mempelajari operasi penghitungan matematika secara acak, mulai dari penjumlahan hingga bilangan berpangkat. Monyet rhesus menjadi satu-satunya hewan selain burung dara yang memiliki kemampuan tersebut.

Selain itu, burung ini juga dapat terus mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah serta mengenali manusia lewat karakteristik wajah.


7. Anjing: Beberapa peneliti percaya bahwa anjing dapat memahami perilaku sosial dari manusia, mengingat banyak dari mereka yang hidup bersama manusia dalam jangka waktu yang lama.

Hewan yang senang menjulurkan lidahnya ini juga dianggap cerdas karena kemampuannya dalam mempelajari perintah dengan cepat, memahami bagaimana mereka harus bersikap, serta mampu mengenali objek.

6. Gagak: Ukuran dari otak burung gagak hampir sama dengan ibu jari manusia, relatif cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran badannya sendiri. Hal ini membuat kecerdasan mereka dianggap setara dengan primata.

Para peneliti telah menemukan bahwa gagak dapat mengenali dan mengingat wajah manusia. Selain itu, mereka juga dapat mempersepsikan apakah wajah tersebut bersahabat atau tidak.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT