Penampakan Mengerikan Badai Sebesar Texas di Planet Jupiter

Penampakan Mengerikan Badai Sebesar Texas di Planet Jupiter

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 16 Des 2019 06:04 WIB
Formasi badai di Jupiter. Foto: NASA
Jakarta - Pandangan pertama, foto yang baru dirilis NASA ini tampak seperti lava yang mengalir dari gunung berapi. Tapi sebenarnya, ini adalah badai topan yang dahsyat di planet Jupiter.

Adalah pesawat antariksa Juno yang merekam badai itu di Kutub Selatan Jupiter. Juno telah mengorbit di Jupiter sejak 2006 dan sudah pernah merekam badai sejenis sebelumnya, tapi kali ini ada perbedaan.

Sebelumnya, sudah ada enam badai mengerikan yang dijepret Juno dalam bentuk pentagon, di mana sebuah badai menjadi pusatnya dan tidak bergerak. Jumlahnya tetap sama dalam waktu yang lama.


"Tampaknya badai kutub tersebut merupakan bagian dari klub privat yang menolak datangnya anggota baru," kata Scott Bolton, peneliti utama Juno yang dikutip detikINET dari Yahoo News.

Badai yang baru terbentuk itu pun mengejutkan ilmuwan yang kini besarnya setara negara bagian Texas. Sedangkan pusat badai sangat masif, diperkirakan sebesar Amerika Serikat.

"Siklon tersebut adalah fenomena cuaca baru yang belum pernah terlihat atau diprediksi sebelumnya," kata Cheng Li, ilmuwan Juno yang lain.

"Kami mulai memahaminya melalui observasi dan simulasi komputer. Misi Juno berikutnya akan membantu menambah pemahaman kami dengan mengungkap bagaimana siklon itu berkembang seiring waktu," tambahnya.

Dengan tambahan badai itu, maka formasinya menjadi hexagon. Angin yang bergerak di badai diperkirakan tembus 362 kilometer per jam, lebih cepat dibanding siklon manapun yang tercatat di Bumi.


Misi kali ini hampir saja mematikan bagi Juno. Jalur yang dilaluinya sempat membuat Juno hampir terjebak dalam bayangan Jupiter selama 12 jam.

Hal tersebut berpotensi fatal lantaran Juno sumber dayanya bergantung pada sinar Matahari. Untungnya, ilmuwan NASA sukses melakukan manuver sehingga lolos dari bayangan Jupiter.

Simak Video "Ngerinya Badai Sally: Rumah Hancur, Kapal Hampir Masuk Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)