Teleskop Hubble Potret Galaksi yang Sedang Sekarat

Teleskop Hubble Potret Galaksi yang Sedang Sekarat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 09 Des 2019 06:00 WIB
Foto: NASA
Jakarta - Teleskop Hubble kepunyaan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja memotret sebuah galaksi spiral (NGC 5468) yang sedang sekarat.

Menariknya, sekilas bila dilihat dari wujud visualnya, tak terlihat bahwa galaksi spiral ini dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, justru tampak menakjubkan dengan kumpulan cahaya yang terpancar.



Tepat di tengah-tengah galaksi tersebut ada cahaya yang begitu terang. Sementara benda-benda lainnya seperti mengitarinya hingga berbentuk untaian panjang.

[Gambas:Instagram]



Sebagaimana dilansir dari BGR, Minggu (8/12/2019) NGC 5468 telah menjadi target pengamatan selama dua dekade terakhir. Sejak galaksi tersebut ditemukan, para astronom melihat sejumlah ledakan supernova yang terjadi di dalamnya.

Diketahui, galaksi spiral ini berjarak sekitar 130 juta tahun cahaya dari galaksi kita, Bima Sakti.



Jaraknya yang sangat jauh, sangat mustahil untuk manusia berkunjung ke sana, baik dengan pesawat luar angkasa atau lainnya. Dengan teleskop yang dimiliki saat ini, astronom memungkinkan melakukan pengamatan galaksi tersebut dari jarak jauh.

Sementara itu, Hubble yang saat ini usianya di angka 30-an, belum memberi tanda ada pelemahan kinerjanya di orbit Bumi. Ia masih bisa bekerja dengan baik sebagai 'senjata' NASA dan ESA untuk mengamati luar angkasa.

Simak Video "Melihat Roket NASA Berlogo 'Cacing' yang Bakal Terbang ke Bulan "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)