Kamis, 28 Nov 2019 06:02 WIB

Teori Kontroversial Lubang Hitam 'Lahirkan' Ribuan Planet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Independent Ilustrasi. Foto: Independent
Jakarta - Di suatu tempat di luar sana, mungkin ada planet-planet besar yang mengorbit pada lubang hitam, bukan pada bintang. Padahal pemahaman umum maupun ilmiah selama ini adalah, planet mengorbit pada bintang seperti yang terjadi di Tata Surya kita.

Riset baru yang dipublikasikan di The Astrophysical Journal mengutarakan teori cukup kontroversial bahwa lubang hitam super masif, seperti yang ada di tengah galaksi Bima Sakti, bisa 'melahirkan' ribuan planet.

Planet itu lahir dari cincin debu yang menjadi padat saat terjebak di orbit lubang hitam. Jika teori ini sahih, maka bisa mengubah asumsi fundamental ilmuwan tentang struktur kosmos.

"Kalkulasi kami menunjukkan bahwa puluhan ribu planet dengan 10 kali massa Bumi bisa terbentuk di sekitar 10 tahun cahaya dari sebuah lubang hitam," sebut Eiichiro Kokubo, peneliti studi ini dari National Astronomical Observatory of Japan.

"Di sekitar lubang hitam, mungkin eksis sistem planet dalam skala yang luar biasa," tambahnya, seperti dikutip detikINET dari Furutism.

"Dengan kondisi yang tepat, planet bisa terbentuk bahkan di lingkungan keras seperti di sekitar lubang hitam," tambah Keiichi Wada, profesor di Kagoshima University, Jepang.

Planet-planet itu terbentuk dalam masa ratusan juta tahun. Pernyataan itu sepenuhnya masih hipotesis dan belum ada cara untuk membuktikannya pada saat ini.

Simak Video "Astronom Temukan Air di Planet Paling Mirip Bumi"