Minggu, 17 Nov 2019 06:11 WIB

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Heboh Asteroid Tabrak Bumi Bulan Desember, Ini Faktanya
Halaman 2 dari 2
Foto: BBC Karangan Khas

Seperti dikutip detikINET dari Snopes, Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) milik NASA saat ini memiliki data bahwa 26 obyek dekat Bumi akan melintas planet ini pada 60 hari mendatang.

216258 2006 WH1 adalah salah satunya yang diperkirakan lewat menjelang Natal, namun pada saat itupun jaraknya masih sekitar 3,6 juta mil. Artinya, ia takkan merusak Bumi.

"Tidak ada yang tidak biasa ataupun berbahaya mengenai asteroid ini. Ia hanya mendekat pada Bumi," kata Dr Paul W Chodas selaku direktur CNEOS.

"Astronom sudah mengobservasi posisi asteroid ini selama 13 tahun, kami tahu orbitnya dengan sangat akurat, kami bisa memprediksi ia mendekat sampai 200 tahun ke depan, dan kami tahu dengan pasti ia tidak bisa menabrak planet kita," tegasnya.

Lindley Johnson selaku Planetary Defense Officer NASA juga menyebut tak ada yang perlu dikhawatirkan lantaran asteroid itu tak berbahaya bagi Bumi.

"Jalur dari asteroid ini dipantau dengan baik oleh NASA sejak penemuannya dan tidak mengandung bahaya menerjang Bumi," tutur dia.

(fyk/fyk)