Jumat, 15 Nov 2019 20:27 WIB

Begini Kira-kira Rasanya Gempa

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi gempa yang terjadi. Foto: Zainal Abidin Ilustrasi gempa yang terjadi. Foto: Zainal Abidin
Jakarta - Indonesia tengah dirundung duka atas gempa berkali-kali yang hadir, misalnya baru-baru ini sebesar M 5,2 di Bengkulu dan gempa M 7,1 di Malut (Maluku Utara).

Menurut US Geological Survey (USGS) bagaimana rasanya gempa tergantung dari di mana seseorang berada, di mana sumber gempa dan seberapa besar gempa tersebut terjadi, lebih lengkapnya sebagai berikut dikutip dari website resminya:

1. Gempa besar yang dekat

Gempa bumi besar bersumber di dekat akan terasa seperti sentakan besar yang tiba-tiba diikuti dengan cepat oleh goncangan yang lebih kuat yang. Goncangan ini dapat berlangsung beberapa detik atau hingga beberapa menit jika itu merupakan peristiwa besar yang jarang terjadi.

Goncangan akan terasa keras dan akan sulit untuk berdiri. Isi rumah Anda bisa dibuat berantakan karenanya.

2. Gempa besar yang jauh

Gempa bumi besar yang jauh akan terasa seperti sentakan yang tidak terlalu besar yang diikuti beberapa detik kemudian oleh goncangan yang lebih kuat.



3. Gempa kecil yang dekat

Gempa bumi kecil yang bersumber dekat akan terasa seperti goyangan kecil yang kemudian diikuti oleh beberapa goyangan yang kuat serta berlalu dengan cepat.

4. Gempa kecil yang jauh

Gempa jenis ini mungkin tidak akan terasa sama sekali, tetapi jika Anda merasakannya, itu akan menjadi satu atau dua goyangan pelan yang lebih mudah dirasakan jika Anda diam dan duduk.


Perlu dicatat bahwa gelombang seismik juga dipengaruhi oleh material yang ada. Tipis tebalnya sedimen juga memengaruhi besar kecilnya goncangan. Bisa dikatakan, bagaimana rasanya gempa disebabkan oleh beberapa hal.

Simak Video "BNPB Beberkan Penyebab Maluku Utara Sering Gempa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)