Heboh Penemuan Ikan 'Berwajah Manusia'

Heboh Penemuan Ikan 'Berwajah Manusia'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 12 Nov 2019 17:50 WIB
Tampang ikan yang disebut mirip manusia. Foto: Mirror
China - Seekor ikan dengan wajah yang disebut mirip dengan manusia terekam di China dan bikin heboh di media sosial setempat. Ikan tersebut muncul di desa Miao, di kota Kumning.

Dikutip detikINET dari Yahoo News, video ikan itu awalnya di-upload di platform TikTok versi China dan kemudian tersebar luas di media sosial Weibo. Diyakini ikan ini sebenarnya hanya ikan mas, tapi bentuk kepalanya menghadirkan ilusi seolah mirip manusia.

Menurut situs pencari fakta Snopes, video itu kemungkinan asli. Mereka juga menjelaskan kenapa ikan ini wujudnya tidak biasa.


"Dari apa yang kami temukan dalam penampakan sejenis, sepertinya ini adalah video asli seekor ikan dengan guratan di kepalanya yang menyerupai kepala manusia jika dilihat dari angle tertentu," tulis Snopes.



Netizen ada yang ketakutan, ada pula yang menganggapnya sebagai tanda-tanda keberuntungan. "Menakutkan sekali" tulis seorang warganet. "Siapa yang mau memakannya?" tulis yang lain.

Bukan pertama kalinya ada ikan yang disebut menyerupai muka manusia. Di Jepang pada April silam, juga ada penampakan ikan yang mirip.
Heboh Penemuan Ikan 'Berwajah Manusia'Ikan sejenis di Inggris. Foto: Daily Mail

Sedangkan di Inggris, pernah pula ditemukan ikan emas yang kepalanya berkembang menjadi mirip manusia."Mengejutkan karena mirip sepeti ada dua mata, hidung dan mulut," kata Brendan O'Sullivan, warga Essex yang menemukannya.


Sejatinya, pola di ikan tersebut tidak sama benar seperti manusia. Tapi otak manusia kadang terus memikirkannya, mungkin karena perilaku alami yang disebut sebagai antropomorfisme, yaitu manusia punya kemampuan untuk mengkarakteristikkan objek dan menganggapnya seolah manusia lain.

Kemampuan tersebut menurut Profesor Nicholas Epley dari University of Chicago hanya dimiliki oleh manusia sebagai spesies karena tingkat intelegensi yang tinggi. Oleh sebab itu, meski belum dibuktikan, Prof Nicholas memprediksi individu dengan kepintaran sosial tinggi akan lebih sering melakukan antropomorfisme.

Definisi lain dari antorpomorfisme adalah memberikan karakteristik manusia untuk binatang atau benda. Itu salah satunya terjadi karena hubungan bawaan yang dipunyai manusia dengan alam.

Simak Video "Budidaya Ikan Air Tawar, Temanggung"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)