Rabu, 30 Okt 2019 21:15 WIB

Tak Cuma Dinosaurus, Gajah Purba Juga Dimusnahkan Asteroid

Fino Yurio Kristo - detikInet
Mammoth. Foto: dok. Thinkstrock Mammoth. Foto: dok. Thinkstrock
Jakarta - Sekitar 13 ribu tahun silam, hewan raksasa semacam mastodon dan mammoth atau gajah purba, harimau sabertooth dan sloths tanah lenyap dari Bumi. Penelitian terkini menyebutkan teori bahwa mereka dimusnahkan oleh hantaman atau asteroid mungkin benar adanya.

Teori musnahnya binatang tersebut oleh asteroid muncul pertama kali tahun 2007 dengan sebutan Younger Dyras Impact Hypothesis. Batu asing yang menabrak Bumi 12.800 tahun silam menimbulkan pendinginan ekstrim dan menyebabkan 35 spesies hewan besar punah.

Di waktu yang sama, populasi manusia merosot. Hasil tumbukan mengakibatkan pula munculnya kebakaran hutan besar di mana asapnya menghalangi Matahari sehingga udara dingin berlangsung lebih lama.


Perubahan iklim tersebut mengubah kondisi Bumi menjadi seperti di zaman es selama 1.400 tahun. Dalam riset terbaru di jurnal Nature, bukti tabrakan meteor di waktu tersebut ditemukan dalam tingginya kandungan platinum, yang biasanya berasal dari asteroid atau komet, di inti sedimen di South Carolina.

"Sudah ada penelitian lain beberapa tahun terakhir dengan data yang sama yang hampir secara universal mendukung bahwa ada tabrakan antariksa atau komet yang menyebabkan peristiwa iklim Younger Dyras," sebut Christopher Moore, arkeolog University of South Carolina.

Bukti yang tersebar di Eropa, Amerika Utara, Chile sampai Afrika Selatan membuat mereka yakin peristiwa ini berimbas secara global. Studi yang berlangsung beberapa waktu sebelumnya menyebut ada tabrakan asteroid di Greenland pada 12.800 tahun silam dengan konsekuensi global.

Menurut Moore, tabrakan asteroid bukan satu-satunya pemicu kepunahan. "Tabrakan itu berkontribusi pada kepunahan, tapi bukan penyebab satu-satunya," kata dia, dikutip detikINET dari Fox News.

"Perburuan besar-besaran oleh manusia tentu berperan, demikian pula perubahan iklim. Sebagian dari hewan selamat setelah event, dalam beberapa kasus sampai berabad-abad," cetusnya.

Tentu teori itu belum diterima oleh semua ilmuwan. Tapi Moore yakin seperti halnya kepunahan dinosaurus oleh asteroid sudah diterima luas di kalangan ilmuwan, keyakinan dan bukti bahwa mammoth dan hewan lainnya juga punah dengan cara yang sama mungkin nantinya akan didukung penuh.



Simak Video "Kerangka Mammoth Berusia 15.000 Tahun Ditemukan Dalam Perangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)