Senin, 14 Okt 2019 16:48 WIB

Ini Cara Astronaut Pulang ke Bumi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi astronaut ke luar angkasa. Foto: (iStock) Ilustrasi astronaut ke luar angkasa. Foto: (iStock)
Jakarta - Ke luar angkasa nampaknya jadi lomba antar negara untuk unjuk gigi, mereka pun berbondong mengirim astronaut ke luar. Tapi, pernah terpikirkah bagaimana caranya astronaut kembali ke bumi?

Dikutip detikInet dari European Space Agency (ESA), Selasa (14/10/12), astronaut kembali ke bumi dengan menggunakan kapsul ruang angkasa.

Kapsul terdiri dari tiga bagian orbital modul, descent modul, dan instrument compartment. Orbital dan instrument compartment akan terbakar di lapisan atmosfer. Hanya descent modul yang kembali ke bumi dengan astronaut.



[Gambas:Youtube]


Modul ini akan melindungi astronaut dari benturan dan juga panas ketika kapsul kembali dengan cepat. Kecepatannya pun menurun dengan drastis.

Pada 8,5 km di atas permukaan tanah, parasut besar kapsul akan terbuka. Inilah di mana tubuh mulai merasakan adanya daya tarik bumi alias gravitasi.

Kapsul akan turun dengan kecepatan sampai mendekati permukaan tanah, kemudian roket pendorong akan menghantam tanah. Tim penyelamat yang akan segera membantu astronaut setelah keluar dari kapsul.



Simak Video "Amerika, Italia, dan Rusia Lakukan Misi di Ruang Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)