Senin, 14 Okt 2019 13:42 WIB

Giliran Astronaut Malaysia Bersumpah Demi Allah Bumi Itu Bulat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Instagram Foto: Instagram
FOKUS BERITA Perdebatan Bumi Datar
Kuala Lumpur - Astronaut pertama Uni Emirat Arab, Hazza Al Mansouri, baru saja kembali dari International Space Station (ISS) dan menyatakan bentuk Bumi bulat. Belum lama ini, astronaut asal Malaysia, Dr Sheikh Muszaphar Shukor mengutarakan hal yang sama.

Shukor adalah seorang dokter bedah ortopedi dan juga astronaut pertama asal Malaysia. Pada Oktober 2007, berkat kerja sama antara Malaysia dan Rusia, Shukor terbang ke ISS menggunakan Soyuz TMA-10 dan menyaksikan pemandangan spektakuler planet ini.

Nah belakangan, media sosial Shukor tampaknya dibanjiri pertanyaan oleh penganut Bumi datar tentang seperti apa sebenarnya bentuk planet ini. Bahkan beberapa memintanya bersumpah demi Tuhan jika memang yakin Bumi berbentuk bulat. Merasa jengah, Shukor akhirnya bersikap.


"Untuk semua flat earthers di luar sana, saya mendapat ribuan DM di media sosial saya tentang bentuk Bumi dan beberapa bahkan punya keberanian meminta saya bersumpah dalam nama Allah," tulisnya di Instagram dan Facebook.

Shukor merasa seharusnya wujud Bumi sudah jelas dengan melihat postingan fotonya sebelumnya, dan juga pernyataannya. Tapi dia menilai apapun yang dikatakannya, tidak dapat meyakinkan penganut Bumi datar.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)
FOKUS BERITA Perdebatan Bumi Datar