Sabtu, 12 Okt 2019 08:37 WIB

Mengenal Astronot Pertama Arab yang Yakinkan Bumi Bulat

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Mengenal Astronot Pertama Arab yang Yakinkan Bumi Bulat
Halaman 2 dari 2
Foto: Hazza Al Mansouri
FOKUS BERITA Perdebatan Bumi Datar

Pada Desember 2018, wakil presiden UAE Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum membuka seleksi astronot. Dari 4.022 kandidat, Hazza lolos menjadi dua astronot terpilih. Ia dilatih di Yuri Gagarin Cosmonaut Training Centre di Rusia untuk persiapan ke angkasa.

Pada April 2019, Hazza terpilih menjadi astronot pertama untuk misi selama 8 hari di ISS. Dia pun terbang pada 25 September dan kembali ke Bumi pada 3 Oktober lalu. Untuk misi ini, Hazza telah berlatih selama 1.400 jam. Di ISS, dia berperan sebagai partisipan atau astronor tamu.

Soal kehidupan pribadi, Hazza telah menikah pada Juli 2007 dan dikaruniai 4 orang anak. Kini, namanya pun terkenal di seantero UEA. Foto-fotonya yang ia bagikan di media sosial banyak merekam negaranya itu.

Saat ditanya dalam konferensi pers soal bentuk Bumi, Hazza yang melihat dengan mata kepala sendiri meyakinkan bahwa Bumi tak datar seperti yang dipercaya sebagian orang. "Ia (Bumi-red) bulat, saya telah melihat sendiri dengan mata saya sehingga saya dapat mengatakannya pada Anda," jawabnya.

Hazza pun berharap suatu saat nanti, akan ada rekan senegaranya yang juga pergi ke angkasa. "Misi saya sekarang adalah transfer teknologi dan pengalaman pada astronot selanjutnya dan saya harap mereka lebih baik dari saya," cetusnya.

(fyk/fay)
FOKUS BERITA Perdebatan Bumi Datar